medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

7 Taman (Ecotourism) Tematik Kota Bandung

Published in Ekowista & Traveling
Minggu, 19 Oktober 2014 13:06
  • Email

Medialingkungan.com – Kota Bandung atau biasa disebut Kota Kembang yang berada di dataran tinggi Pulau Jawa sangat cocok dengan ekowisata atau ekoturisme. Hal ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh Walikota terpilih 2013, Ridwan Kamil. Bermodalkan pengalaman sebagai kontraktor, walikota bergaya modis itu telah merealisasikan setidaknya 7 dari 300 target taman tematik sejak dilantik tahun lalu.

Memanfaatkan tempat-tempat kumuh dan area terbengkalai, melalui kegigihan Ridwan Kamil, Bandung yang dulunya hanya diramaikan dengan pemandangan taman bunga yang memang sudah menjadi karakternya, kini masyarakat juga telah dimanjakan dengan berbagai taman-taman yang unik dan menarik.

Respon masyarakat dengan pembangunan berbagai taman tematik ini juga sangat positif. Terbukti dari semua taman yang telah rampung, tiap harinya tak pernah sepih dari pengunjung. Bahkan data statistik Kota Bandung menunjukkan kenaikan yang signifikan pengungjung wisatawan lokal maupun internasional yang datang mengunjungi Kota Bandung karena berbagai taman tematik ini.

Berikut taman tematik unik yang ada di Kota Bandung.

  1. Taman Persib Bandung

Berisi 6 lapangan futsal, siapa saja bisa menikmati manfaatnya secara cuma-cuma atau gratis. Dilengkapi dengan fasilitas free wifi dan kursi berwarna merah, taman ini tak pernah sepih dari permainan futsal semua lapisan masyarakat atau bahkan hanya duduk bersantai menikmati keindahannya.

  1. Taman Jombo

Sebutan taman jomblo ini berawal dari sebuah celetukan iseng semata. Bentuk tempat duduk yang dirancang untuk satu orang ini menyebabkan sebutan “jomblo” itupun tercetus. Kolong jembatan pun kini bisa menjadi lokasi yang bisa tampil lebih rapi dan indah. Tempat ini juga dilengkapi fasilitas wifi gratis. Taman jomblo ini berlokasikan dibawah jalan Layang Pasupati dan jalan Taman Sari.

  1. Taman Fotografi

Awalnya taman ini bernama Taman Cempaka, melalui tangan Kang Emil, tempat ini disulap menjadi Taman Tematik Fotografi. Taman ini sengaja dibuat diruang publik sebagai tempat untuk mereka pecinta fotografi. Dibangunnya taman fotografi ini disambut baik oleh komunitas-komunitas fotografi sekota Bandung.

  1. Taman Pustaka Bunga

Taman ini menggambarkan karakter Kota Bandung sebagai kota bunga. Nama pustaka bunga diambil karena taman ini akan dijadikan sebagai perpustakaan bunga di Kota Bandung. Taman ini juga dilengkapi dengan kolam ikan yang menambah keindahannya. Anda juga dapat berjalan mengelilingi taman ini dengan berjalan diatas trotoar yang didesain rapih dan menikmati keindahan bermacam jenis bunga. Salah satu jenis bunga yang menarik di tempat ini adalah beberapa jenis anggrek yang terbilang langkah.

  1. Taman Lansia

Taman Lansia adalah sebuah taman kota yang terletak di sebelah kanan Gedung Sate Bandung. Taman Lansia merupakan singkatan dari Taman Lanjut Usia, sebuah sarana refreshing dan istirahat bagi warga Kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke Bandung. Meski namanya Taman Lansia, taman ini banyak dikunjungi oleh Penduduk Bandung yang bukan lanjut usia, termasuk anak muda Bandung. Mereka berkumpul di sini baik untuk sekedar berjalan-jalan, rekreasi dan makan bersama keluarga hingga sekedar menikmati lingkungan yang asri.

Berada di Taman Lansia memang menyenangkan karena banyak café yang berada di sekitar area taman ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Yoghurt Cisangkuy. Ada juga sejumlah kios yang menyediakan serabi dengan berbagai macam rasa dan pedagang keliling yang menjajakan beraneka barang pecah belah dan kerajinan keramik.

Bagi yang ingin berkuda sambil berkeliling taman, di sekitar taman terdapat banyak sekali penyewaan kuda. Bagi anak kecil dapat didampingi oleh sang pemilik kuda atau bagi yang sudah berani berkuda sendiri dapat melakukannya sendiri. Untuk keluarga yang ingin beramai-ramai menikmati taman dapat menyewa delman.

  1. Taman Musik Centrum

Sebuah ruang publik yang diharapkan menjadi pusat kegiatan musik, seni dan olahraga bagi para pencintanya. Taman ini merupakan salah satu terobosan baru oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang sangat peduli terhadap bakat  bermusik anak-anak muda Bandung.

  1. Taman Film

Taman Film ini seluas 1.300 meter persegi dengan dekorasi layaknya sebuah bioskop yang berada diruangan terbuka. Taman Film ini dilengkapi dengan fasilitas layar lebar berukuran 4 x 8 meter, tempat duduk berundak, serta hamparan rumput sintetis. Taman tematik yang dibangun Pemerintah Kota Bandung ini pun menjadi salah satu tempat favorit warga. Memiliki desain yang unik, hal tersebut terinspirasi dari bentuk sawah aliran air yang diusung oleh Dinas Topografi Bandung.(AND)

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini