medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Goa Salukang Kallang Menyimpan 28 Jenis Spesies Binatang Langka

Published in Ekowista & Traveling
Selasa, 23 Agustus 2016 22:30
  • Email

Medialingkungan.com – Maros terkenal dengan gugusan kawasan karst dengan barisan tebing yang menjulang tinggi dan disana juga terdapat goa terpanjang di Indonesia yaitu Goa Salukang Kallang yang memiliki panjang 27 kilometer.

Goa Salukang Kallang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang dilindungi pemerintah. Wilayah gua ini berada di Desa Samangki, yang jaraknya 30 kilometer dari Kota Makassar.

Air terjun Bantimurung Bulusaraung bersumber dari Goa Salukang Kallang, sistem air Salukang Kallang dikenal dengan nama Sistem Towakala. Ia bermula dari Sungai Gallang, menuju Sungai Kallang, lalu Goa VCM, mengalir ke Goa Salukang Kallang, ke Goa Lubang Kabut, Lubang Batu Neraka, Goa Tanete, Wattanang, hingga Bantimurung.

Mulut goa Salukang Kallang cukup kecil, sekitar 50 cm di kedalaman 10 meter. Terdapat berbagai macam ornament seperti gordam, gordim, stalagtit, stalagmite dan berbagai ornament lainnya. Seperti yang Anda ketahui ornament ini tidak terbentuk secara mudah, ornament tersebut berbentuk secara alami, sehingga melahirkan keindahan tersendiri.

Di dalam goa juga terdapat berbagai macam biota goa yang endemik dapat beradaptasi dan berevolusi menyesuaikan kondisi lingkungannya. Misalnya ikan buta (Bostrychus macrophthalmus) yang hanya ditemukan di goa ini.

Ikan buta ini sangat menarik, mulut memanjang dan mata perlahan-lahan menghilang, bahkan badan terlihat putih pucat hingga jelas tampak aliran darah yang mengalir pada tubuhnya. Ikan buta atau biota lain wujud evolusi mahluk hidup yang bertahan dengan alam dan lingkungan. Di goa gelap, mata mulai tak berfungsi akhirnya ikan ini, mengembangkan upaya bertahan lain misal indra perasa dan peraba, seperti kutipan, Mongabay.com.

Biota lain, seperti jangkrik, berubah bentuk, antena depan makin panjang melebihi ukuran badan hingga empat kali lipat tidak seperti pada umumnya. Biota goa memiliki siklus hidup lamban, karena persediaan makanan minim. Berbeda dengan satwa atau spesies kerabat mereka di luar, dengan makanan berlimpah. Salukang Kallang adalah yang paling kaya akan biota, terdapat 28 jenis. Untuk itu jika Anda tertarik berekspedisi di goa tersebut Anda harus berhati-hati jangan sampai Anda menginjak biota yang ada pada goa tersebut. (TANTI)

Gambar 1. Salah satu endemic Goa Salukang Kallang yaitu ikan buta (Monyabay.com)

 

Gambar 2. Jalur ke Salukang Kallang yang dapat dilalui yaitu K1, K2, K3, K4 dan K6 (Mongabay.com)

 

Medialingkungan: Visit Goa Salukang Kallang, Desa Samangki, Kabupaten Maros - Wonderfull Indonesia

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini