medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Gua Gong dan Kemegahan Ornamennya

Published in Ekowista & Traveling
Minggu, 03 April 2016 15:55
  • Email
Gua Gong terkenal dengan stalaktit dan stalakmit terindah dan terbesar (Gambar: yukwisatadora.blogspot.com) Gua Gong terkenal dengan stalaktit dan stalakmit terindah dan terbesar (Gambar: yukwisatadora.blogspot.com)

Medialingkungan.com – Di benak Anda mungkin terbesit gua adalah tempat mistis yang biasa digunakan sebagai tempat memuja dan bertapa untuk mendapatkan kekuatan ghaib. Tapi jangan salah, di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terdapat gua yang bisa Anda jadikan list tujuan wisata.

Gua ini dinamakan masyarakat dengan sebutan Gua Gong dikarenakan jika sebuah batu yang dipukul akan mengeluarkan bunyi menyerupai suara Gong. Jarak gua ini sekitar 140 km arah selatan kota Solo, atau 30 km arah barat daya kota Pacitan. Untuk mencapai gua wisata ini Anda dapat menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4.

Menurut sejarah, Gua Gong ditemukan pertama kali pada tahun 1924 oleh Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo yang mencari air karena di dusun yang mereka tinggali yakni, dusun Pule sedang mengalami musim kemarau yang panjang. Mereka menelusuri lorong goa menggunakan obor dari daun kelapa kering yang diikat hingga akhirnya mereka menemukan beberapa sendang dan mandi di dalam gua ini.

Di depan gerbang Anda akan berjumpa beberapa warga sekitar yang akan menawarkan jasa penyewaan senter untuk penerangan selama menyusuri gua dengan tarif Rp5.000. Mereka juga menawarkan jasa sebagai pemandu atau Turgate untuk mengeksplorasi  gua atau jika tidak mau, Anda bisa mengetahui detail Gua Gong dengan membeli buku panduan atau sejarah.

Untuk menuju ke mulut gua, terlebih dahulu Anda harus berjalan menaiki tangga yang menanjak sepanjang 100 meter. Anda juga akan dikenakan tarif untuk masuk ke dalam gua yaitu senilai Rp5.000.

Ketika memasuki gua yang kedalamannya sepanjang 256 meter ini, awalnya memang agak gelap. Namun jika ditelusuri lebih dalam lagi Anda akan terpukau oleh suguhan keindahan gua ini yang diterangi sorot warna-warni lampu.

Di lorong gua itu penuh dengan Stalaktit dan Stalagmit yang menyatu berdiri kokoh menyangga rongga gua dengan aneka bentuk. Ada yang mirip rambut, mirip otak, mirip tirai yang menjuntai dan ada yang meruncing. Gua ini tercipta dari hasil aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang berlangsung ribuan tahun lalu.

Di bagian bawah dalam gua terdapat lima sendang atau mata air yang dingin dan jernih yang konon memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. Lima sendang itu diantaranya yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Ralung Nisto.

Karena di dalam gua adalah tempat yang benar-benar tertutup maka difasiliasi dengan kipas angin ukuran jumbo untuk mengantisipasi hawa panas dan pengap. Menyusuri gua ini cukup mudah karena sudah teresedia jalan setapak dengan pegangan besi agar tidak terpeleset.

Di kawasan Gua Gong juga sudah terfasilitasi sarana umum yaitu rumah makan, WC umum dan tempat parkir. Di depan gerbang tersedia deretan kios pedagang makanan khas daerah dan kios-kios suvenir berupa batu akik serta kaos-kaos yang unik. {Zidny Rezky / Angga Pratama}

1. Lintasan jalan Gua Gong yang diberi pegangan sepanjang jalan (Gambar: eastjava.com)

 

2. Salah satu sendang yang ada di Gua Gong (Gambar: yuiword.com)

3. Keindanhan ornamen Gua Gong yang diterangi warna-warni lampu (Gambar: eastjava.com)

Medialingkungan: Visit Gua Gong, Jawa Timur - Wonderful Indonesia

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini