medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Gua Rancang Kencono, Gua Unik Dengan Nilai Sejarah Tinggi

Published in Ekowista & Traveling
Minggu, 13 September 2015 22:30
  • Email
Pohon klumplit yang berusia lebih dari 2 abad yang terdapat di dalam gua. (Gambar: suaradesa.timesindonesia.co.id) Pohon klumplit yang berusia lebih dari 2 abad yang terdapat di dalam gua. (Gambar: suaradesa.timesindonesia.co.id)

Medialingkungan.com – Gua Rancang Kencono, terletak di Padukahan Manggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berada di tengah perbukitan kapur dan hutan jati Gunungkidul yang juga merupakan wilayah Kawasan Karst Pegunungan Sewu dengan bentang alam yang unik

Ukuran gua ini kurang lebih 400 meter persegi. Uniknya, pada bagian tengah gua terdapat pohon klumpit (Terminalia edulis) yang diperkirakan sudah berusia kurang lebih 2 abad. Di dalam gua terdapat stlagtit yang menggantung langit-langit gua.

Selain keindahan yang dimilikinya, tempat ini juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Pasalnya, gua ini dulunya digunakan sebagai lokasi pertemuan Pangeran Diponegoro dan Sentot Prawirodirjo dalam menyusun strategi penyerangan terhadap Belanda.

Memasuki Gua Ranccang Kencono anda harus menuruni tangga batu yang sudah dibangun sejak dulu. Terdapat ruangan kecil yang sempit dan gelap gulita.

Untuk masuk ke ruangan ini anda harus melewati celah kecil untuk merunduk. Menurut penduduk cela tersebut akan membawa anda menuju air terjun Sri Gethuk. Namun ukurannya yang sangat sempit sehingga anda harus berpikir ulang untuk masuk ke dalam celah.

Terdapat dua jalur yang dapat anda tempuh menuju ke gua tersebut. Jalur pertama yaitu Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan. Kemudian jalur kedua Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Playen – Bleberan. Terserah anda ingin memilih jalur yang mana. (Andi Tanti)

Suasana di dalam Gua Rancang Kencono (Gambar: jagadwisata.blogspot.com)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini