medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pesona Bukit Kaba Provinsi Bengkulu yang Menakjubkan

Published in Ekowista & Traveling
Jumat, 06 Februari 2015 23:40
  • Email
Keindahan Gunung Kaba di Provinsi Bengkulu (Gambar: istimewa) Keindahan Gunung Kaba di Provinsi Bengkulu (Gambar: istimewa)

Medialingkungan.com – Habiskan hari libur dengan traveling adalah dambaan setiap orang di dunia. Namun apakah anda termasuk orang yang menginginkan liburan yang bisa menyatukan diri dengan alam dan tentunya ramah lingkungan? jika iya, Provinsi Bengkulu bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda.

Di Bengkulu itu terdapat dua gunung di daerah ini. Bukit Daun dan Bukit Kaba. Kedua bukit tersebut terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar akan menyambut kedatangan anda jika berkunjung kesana. Panorama alam yang hijau dari tumbuhan yang tertata rapih adalah pemandangan yang pasti anda dapatkan.

Dari kedua gunung tersebut, Bukit Kaba merupakan yang paling populer karena pendaki pemula biasanya akan banyak ditemui di daerah ini. Mereka yang gemar menghabiskan waktu untuk menyatu dengan alam akan berdatangan di tempat ini.

Ketinggian Bukit Kaba sekitar 1.952 dari permukaan laut yang dapat dijangkau oleh pendaki pemula. Selain itu, Pada bukit ini terdapat kawah besar dengan ketinggian 1.700 m dari permukaan laut yang menyuguhkan pemandangan menarik. Hanya ada dua rute yang sudah terarah yaitu jalur tanah untuk para trekking dan jalur aspal yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

Untuk mencapai puncak gunung kaba pendaki terlebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong -Curup. Untuk ke Curup dapat dicapai dari barat Bengkulu sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau. Dari Curup menuju ke kampung bukit kaba dan berkemah di desa Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.

Pendakian menuju ke puncak sampai di pematang durian dari sumber urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan, namun saat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas di Air Meles (lereng barat daya) dan di Air Sempiang (lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunung api di Kabupaten Rejang Lebong.

Kondisi alam yang masih perawan menjadikan kawasan ini masih menyimpan berbagai macam satwa liar yang dengan mudah anda temui sepanjang perjalanan menuju puncak. Memasuki kawasan puncak, jajaran barisan bukit yang terlihat indah di hadapan anda akan membuat anda takjub dengan cahaya matahari yang menusuk sela-sela pegunungan dengan warna jingganya yang sangat sayang untuk anda lewatkan tanpa mengabadikannya dengan beberapa kutipan foto.

Ketika malam tiba, gemerlap lampu Kota Curup dari atas puncak gunung menambah keindahan tempat ini. Malam akan terasa sangat singkat jika anda berada disana dengan panorama yang tak terlupakan.

Pemerintah desa juga menyiapkan jasa penunjuk jalan bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Kelompok penyedia jasa tersebut mengatasnamakan Pokdarwis yang beranggotakan pria-pria besar dari Desa Sumber Urip. Mereka siap membantu pendaki mengelola transportasi hingga konsumsi berupa katering bagi peserta perkemahan. (AND)

(Keindahan Gunung Kaba)

(Jalur Menuju Puncak Gunung Kaba)

 

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini