medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pulau Kapoposan Dan Surga Bawah Laut Selat Makassar

Published in Ekowista & Traveling
Jumat, 04 Maret 2016 16:21
  • Email
Tampak dari jauh suasana pantai Pulau Kapoposang dengan air lautnya yang jernih (Gambar: travelmatekamu) Tampak dari jauh suasana pantai Pulau Kapoposang dengan air lautnya yang jernih (Gambar: travelmatekamu)

Medialingkungan.com - Panorama bahari Indonesia sudah lama menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Bagi yang menyenangi wisata bahari, Sulawesi Selatan dapat Anda jadikan sebagai lokasi tujuan Anda selanjutnya. Salah satu tempat yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang eksotik di Provinsi ini adalah Pulau Kapoposang.

Pulau Kapoposang merupakan salah satu pulau spermonde yang ada di Selat Makassar. Tepatnya berada dalam wilayah Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan jarak sekitar 68 kilometer dari Kota Makassar, pulau ini dapat ditempuh dari Dermaga POPSA dengan speed boat sewaan, dari Pelabuhan Paotere dengan kapal kayu milik nelayan, dari Dermaga Kalibone di Kabupaten Maros atau Dermaga Tonasa di Kabupaten Pangkep.

Di pulau berpenghuni ini, Anda akan dijamu dengan pemandangan hamparan pasir putih sekitar pantai, lambaian teduhnya pepohonan serta kejernihan air laut yang membuat Anda bisa menikmati batu karang tanpa harus menyelam. Panorama sunrise dan sunset juga hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

Bagi pecinta diving dan snorkling, pulau ini sangat cocok dengan Anda karena ditawarkan beberapa titik penyelaman yang masing-masing memberikan keindahan tersendiri.

Salah satunya di turtle point, Anda bisa mengamati aktivitas dan berfoto dengan penyu sisik, namun tidak diperbolehkan mengganggu penyu yang sedang bertelur ataupun mengusik biota laut lainnya. Pasalnya pulau ini sudah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang.

Di bawah laut, Anda juga akan disambut oleh kawanan ikan dengan jenis dan warna yang berbeda serta berbagai koral dan terumbu karang yang indah nan sehat. Indahnya bawah laut dapat Anda eksplor dengan alat-alat penyelaman yang diatur oleh dive operator yang berada di kota Makassar.

Jika Anda berniat menikmati pesona pulau ini dalam beberapa hari, maka tidak perlu khawatir karena di pulau ini telah tersedia resort serta fasilitas olahraga milik pengusaha swasta dan juga beberapa home stay yang dikelola masyarakat.

Sayangnya di pulau ini sangat sulit menemukan jaringan ponsel. Tapi dengan keterbatasan tersebut membuat Anda akan lebih menikmati liburan Anda di Tempat ini. {Zidny Rezky}

1. Sunrise di salah satu spot Pulau kapoposang (Gambar: Felicia Noviana)

2. Eksotisme surga bawah laut kapoposang (Gambar: Anekawisatanuantara)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini