medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pulau Kecil di Barat Makassar yang Indah

Published in Ekowista & Traveling
Selasa, 04 Agustus 2015 09:43
  • Email
Pulau Lae-lae yang berada di Barat Makassar (Gambar: kelurahanlaelaekecamatanujungpandang) Pulau Lae-lae yang berada di Barat Makassar (Gambar: kelurahanlaelaekecamatanujungpandang)

Medialingkungan.com – Padatnya kendaraan di Kota Makassar ditambah sengatan matahari membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Mau membuat perasaan anda terasa nyaman dan serasa sejuk tetapi bingung mau ke mana? Sebaiknya anda sesegera mungkin menjajakan kaki ke salah satu pulau terbaik yang ada di Kota Daeng yaitu Pulau Lae-lae.

Pulau Lae-lae merupakan pulau kecil di barat Makassar yang berjarak 1.5 Km dari Makassar dan kiita dapat melihatnya jelas langsung dari Pantai Losari. Pulau dengan luas 6,5 ha berpasir putih ini dihuni oleh 400 keluarga atau sekitar 2.000 jiwa.

Kita dapat berkunjung melalui dermaga kayu Bangkoa di jalan Pasar Ikan no. 28 atau dermaga yang terletak di depan Benteng Fordrotherdam dengan menggunakan speedboat/jonson dengan waktu kurang dari 15 menit dan biayanya Rp15.000 per orang untuk menaiki perahu motor agar sampai di pulau tersebut.

Di pulau Lae-lae terdapat pula situs sejarah peninggalan perang yaitu sebuah terowongan bawah tanah, yang konon katanya terhubung dengan benteng kota Makassar/Fordrotherdam.

Di sekitar pulau banyak disewakan balai-balai bambu sebagai tempat berteduh dengan harga berkisaran Rp25.000 – Rp40.000. Bagi anda yang tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di Pulau Lae-lae sudah memiliki warung yang menyediakan makanan dan minuman yakni, ikan bakar serta makanan ringan khas Makassar yaitu, jalankote, biikandoang, ubi goring, panada, dan lainnya.

Deretan pohon dan pasir putih yang nan indah mampu membuat suasana hati menjadi tenteram dibuatnya. Laut yang biru juga membuat para penggemar penyelam dan yang hobi snorkeling di Pulau Lae-lae sangat cocok menjadi pilihan utama untuk melakukan liburan keluarga atau salah satu tempat refreshing.

Di Sisi selatan Pulau Lae-lae anda dapat menikmati dan berjalan dibebatuan pemecah ombak yang berbentuk pyramid segita.

Konon asal muasal dari nama Pulau Lae-lae sendiri menurut cerita ada sebuah kapal bermuatan orang China yang terdampar di karang berpasir. Ketika itu orang China memanggil-manggil dan berteriak dengan bahasa China dengan sebutan Lae-lae yang artinya kemari-kemari, semenjak itulah Tanjung itu disebut Tanjung Lae-lae dan sekarang menjadi Pulau Lae-lae. (Angga Pratama)

1. Keindahan bawah laut Pulau Lae-lae (Gambar: panduanwisata)

2. Dermaga kayu bangkoa beserta transportasi laut untuk menuju Pulau Lae-lae (Gambar: googleusercontent)

Medialingkungan: Visit Pulau Lae-lae, Makassar - Wonderful Indonesia

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini