medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pulau Sebesi, Wisata Laut Biru Indah Dan Edukatif

Published in Ekowista & Traveling
Minggu, 27 November 2016 15:28
  • Email
Salah satu pemandangan yang disuguhkan pulau Sebesi untuk Anda penikmat laut biru (Gambar: Kabatour) Salah satu pemandangan yang disuguhkan pulau Sebesi untuk Anda penikmat laut biru (Gambar: Kabatour)

Medialingkungan.com- Selain Krakatau, Lampung Selatan memiliki banyak tempat wisata andalan yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Pulau Sebesi. Pulau ini terletak di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pulau Sebesi sangat dekat dengan gugusan gunung Krakatau dan menjadi tempat yang sangat pas jika ingin menikmati aktifitas anak gunung Krakatau. Pulau Sebesi juga dikenal akan kesuburan tanahnya yang memiliki keunggulan di sektor petanian. Terdapat batu karang di hamparan pulau, pantainya tenang dengan air yang jernih berwarna biru.

Keunikan lain dari pulau ini yakni Anda dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian alamnya, salah satu kegiatannya yaitu menanam terumbu karang. Kegiatan ini diadakan atas kerjasama Komunitas Peduli Wisata (PeTA) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Sebesi.

Masyarakat di pulau ini terus berjuang mempertahankan pelestarian lingkungan dengan terus berusaha dan berupaya menanam terumbu karang di pulau tersebut, serta mengajak masyarakat lainnya untuk ikut serta menjaga dan melestarikan terumbu karang.

Untuk mengikuti kegiatan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sejumlah Rp 75.000 per orang, ini sudah termasuk bibit terumbu karang dan transportasi dari Pulau Sebesi ke lokasi penanaman terumbu karang (PP). Yang lebih istimewanya lagi, anda bisa meminta untuk menuliskan nama Anda di pot terumbu karang.

Saat ini Pulau Umang-umang adalah lokasi yang menjadi pusat Wisata Cinta Bahari Di Pulau Sebesi. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini sangat eksotis ini memiliki keindahan luar biasa yang mesti para traveler kunjungi. Terdapat bebatuan cantik yang bisa jadi spot untuk foto-foto, hamparan pasi putih yang sehalus bedak, dan air laut yang sangat jernih pas bagi Anda yang hobi snorkling.

Jarak antara pulau Sebesi dan pulau Umang-Umang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu motor. Rute dari Jakarta sendiri Anda hanya ke pelabuhan Merak kemudian menyeberang menggunakan Kapal Ferry ke pelabuhan Bekauheni.

Setelah itu Anda langsung melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Canti dengan ongkos kendaraan sebesar Rp. 30.000 per orang, lalu menyeberang ke pulau Sebesi dengan meggunakan kapal motor bertarif Rp. 30.000 per orang.

Di pulau Sebesi memiiki cukup banyak homestay dengan harga yang relative terjangkau, yakni sekitar Rp. 300.000 per malam dengan kapasitas 6-10 orang. Untuk masalah perut Anda, jangan khawatir, banyak warung makan di sekitar sana yang dapat menjadi solusinya, dengan kisaran harga makanan yakni Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000 per porsinya,  jadi sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin berlibur ala backpacker. (Tanti)

 

Terumbu karang buatan yang di tanam oleh masyarakat dan para wisatawan di Pulau Sebesi, Lampung. (Gambar: Kotakecillampung Wordpress)

Para wisatawan dapat berkontribusi dalam penanaman terumbu karang. (Gambar: Detik Travel)

 

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini