medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Seribu Keindahan Danau Tiga Warna Tomohon

Published in Ekowista & Traveling
Sabtu, 23 April 2016 18:15
  • Email
Pesona Danau Linow di balik jendela restoran {sumber: beritadaerah.co.id} Pesona Danau Linow di balik jendela restoran {sumber: beritadaerah.co.id}

Medialingkungan.com - Sulawesi Utara dikenal sebagai wilayah dengan topografi bergunung dan berbukit yang dianugerahi seribu keindahan. Satu dari seribu keindahannya adalah Danau Linow. Pemandangan Danau Linow yang terletak di Desa Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Nama danau ini berasal dari kata lilinowan yang memiliki arti tempat berkumpulnya air. Kata tersebut diambil dari bahasa Tombulu, salah satu daerah di Minahasa. Danau Linow merupakan bentukan dari letuan Gunung Mahawu yang masih aktif sampai sekarang.

Dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota Manado, danau ini dapat ditempuh selama sejam melewati jalan yang berkelok-kelok. Di perjalanan, Anda akan menjumpai pepohonan besar yang kokoh berdiri di atas bukit dan Gunung Lokon yang masih aktif.

Danau dengan luas 35 hektar dan kedalaman 5 meter ini, sangat cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan kepenatan dari rutinitas harian. Pepohonan yang melingkari danau dengan udara yang bertiup sepoi menemani waktu santai Anda menikmati keheningan danau ini.

Di danau Linow, Anda juga bisa melihat burung blibis terbang rendah sambil sesekali berenang di permukaan air dan ribuan serangga bersayap yang dinamai warga setempat sebagai Sayok/Komo yang biasa dikonsumsi masyarakat sekitar danau.

Hal unik lain dari danau ini adalah tampilan tiga jenis warna yaitu hijau tosca, biru laut, dan coklat susu. Warna yang berubah-ubah ini bisa dilihat dari ketinggian bukit. Ini diakibatkan dari belerang yang dikandungnya, pembiasan cahaya dan pantulan sinar dari vegetasi sekitar danau.

Karena tanah disekelilingnya milik pihak swasta, maka untuk bisa masuk menikmati keindahan danau ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 25.000. Tapi sudah sepaket dengan secangkir minuman dan kue khas Manado di kafenya. Namun di akhir pekan harga tiket melonjak menjadi Rp 40.000. {Zidny Rezky}

1. Air Danau Linow yang sedang terlihat berwarna hijau tosca {Sumber: Wirawan Winarto}

2. Deretan kursi pengunjung kafe untuk menikmati panorama Danau Linow {Sumber: Kompasiana}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini