medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

TLKM Bentuk Gapoktan dan Berikan Pelatihan Kemasan Madu Alam di Kab. Maros

Published in Event & Komunitas
Senin, 14 Maret 2016 16:39
  • Email
Proses pelatihan pengemasan madu ke salah satu Gapoktan yang didampingi fasilitator TLKM, Kamis (03/03 (Gambar: Ikhsan dan Eka Lestari) Proses pelatihan pengemasan madu ke salah satu Gapoktan yang didampingi fasilitator TLKM, Kamis (03/03 (Gambar: Ikhsan dan Eka Lestari)

Medialingkungan.com – Madu di tiap daerah Indonesia memiliki cita rasa tersendiri khususnya di Sulawesi Sealatan  Kabupaten Maros memiliki madu yang rasanya tiada tanding dari madu-madu lain. Mengetahui hal itu, pihak Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros bekerjasama dengan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) untuk mengadakan pelatihan pengemasan madu alam ke para gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Desa Patanyamang, Kabupaten Maros.

TLKM membuat Gapoktan se-Kabupaten Maros dan setiap kelompok tani diwakili tiga orang, tidak hanya para kelompok tani yang mengikuti pelatihan tersebut, tetapi para pegawai Resort Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung juga turut andil.

Pelatihan yang dilakukan TLKM bertujuan untuk membantu para Gapoktan di Kabupaten Maros dalam melakukan pengemasan dan pemasaran agar kemasan madu menjadi menarik para produsen serta meningkatkan perekonomian Gapoktan. Pelatihan ini dilaksanakan di Resort Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kamis (03/03).

Kepala Resort Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Kabupaten Maros, Zainal Arifin mengungkapkan pelatihan yang dilakukan oleh TLKM ini sangat berguna bagi Gapoktan, serta para perwakilan kelompok tani sekiranya mampu berbagi ilmu pengetahuannya ke seluruh anggotanya.

“Saya harap Gapoktan kedepannya mampu melakukan pengemasan sendiri dan TLKM tetap mendampingi mereka pada kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ucapnya.

Zainal mengatakan, ketika madu alam yang dikerjakan Gapoktan berhasil kedepannya, Desa Patanyamang akan menjadi Desa percontohan bagi desa-desa lainnya agar mampu meningkatkan perekonomian mereka. {Atira Ilfa}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini