medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Alat Canggih ‘Drone’ akan Selamatkan Hutan

Published in Informasi & Teknologi
Minggu, 22 Februari 2015 22:25
  • Email
Ilustrasi (Gambar: Istimewa) Ilustrasi (Gambar: Istimewa)

Medialingkungan.com – Sebuah perusahaan bernama BioCarbon Engineering telah merancang Drone (pesawat tak berawak) untuk menanam pohon yang cepat dan efisien. Tujuannya adalah untuk membantu membangun kembali hutan global yang telah hancur oleh penebangan, pertambangan, pertanian dan perluasan perkotaan.

Ilmuwan perusahaan ini telah mengembangkan Prototipe Drone yang menggunakan meriam kecil untuk menembak polong yang mengandung benih berkecambah begitu juga dengan unsur hara dan pupuk untuk mendukung pohon yang mulai tumbuh.

"Dua operator dengan teknologi kami bisa menanam setidaknya 36.000 pohon per hari. Itu sepuluh kali lebih baik dibanding penanaman dengan tangan. Saat ini penanam pohon dapat menanam 1.500 pohon per hari dengan biaya sekitar $ 3 per pohon. Dengan 100 tim dari dua operator kami akan mampu menanam 1 miliar pohon per tahun," kata CEO serta Co-Founder BioCarbon Engineering, Lauren Fletcher, seperti dilansir oleh NBC News.

Tetapi, Fletcher tidak memandang bahwa perangkatnya akan membuat para pekebun pohon tradisional akan kehilangan pekerjaan. “Dengan kedua jenis penanaman ini dilakukan, tetap saja belum cukup untuk mengejar ketinggalan dengan deforestasi yang terjadi saat ini,” ujarnya. (MD)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini