medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Dua Siswa SMK 1 Pekalongan Ciptakan Robot Pembersih Udara

Published in Informasi & Teknologi
Sabtu, 05 September 2015 14:49
  • Email
Ilustrasi (Gambar: aktual) Ilustrasi (Gambar: aktual)

Medialingkungan.com – Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kedungwuni, Pekalongan berhasil menciptakan AS-SHUR, Teknologi Robot Pembersih Udara yang ramah lingkungan dan ekonomis dengan menggunakan tanaman Lidah Mertua ‘Sansevieria’.

Tanaman Sansevieria ini umumnya digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Namun, Bayu Aji Setyawan dan Galih Yuli Dwiatmaja ini menjadikannya bahan aktif untuk robot mereka.

Proses penelitian yang dilakukan kedua siswa ini terbilang cukupa lama. Mereka melakukan penelitian ini pada saat duduk di bangku kelas 1 selesai di kelas 3. “Kami menghabiskan waktu selama 2,5 tahun untuk menyelesaikannya,” kata Bayu, seperti yang dikabarkan detik.

Lidah Mertua diubah menjadi bahan dasar karbon aktif yang digunakan robot untuk membersihkan udara. Robot itu memiliki sensor yang bisa mendeteksi kadar polusi di dalam ruangan seperti asap rokok, asap kendaraan dan pembakaran udara yang mengandung polusi logam berat.

“Ketika robot mendeteksi udara yang berpolusi, otomatis kipas dan blower yang dipasang di robot akan menyala untuk menyerap polusi. Sebelum udara yang diserap itu di keluarkan kembali akan disaring oleh karbon aktif yang terbuat dari Lidah Mertua yang kami ektrak sampai jadi arang untuk mengikat logam-logam berat dari polutan. Jadi output dari robot itu udara yang bebas logam berat,” ucap Bayu.

Robot dengan panjang 50 cm tinggi 30 cm itu memiliki 3 kontrol, pertama otomatis mendeteksi dan menyisir seluruh ruangan, kedua menggunakan remote kontrol yang bisa dimonitoring dan ketiga portable bisa diletakan di mana saja.

Bayu mengungkapkan, prinsip kerja robot hampir sama dengan AC, namun ada perberdaannya. Kalau AC mengeluarkan gas CFC yang berbahaya buat ozon, robot ini menggunakan bahan alami dari tanaman Lidah Mertua yang lebih ramah lingkungan dan murah.

Dia berharap, semoga saja pemerintah atau sponsor mau bekerjasama untuk mengembangkan alat ini agar lebih canggih lagi. (Arif Hidayat )

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini