medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

#EarthDay, Ketahui 7 Fakta Mengejutkan Tentang Bumi

Published in Informasi & Teknologi
Jumat, 22 April 2016 15:30
  • Email
Ilustrasi Bumi dari luar angkasa (Gambar : NASA) Ilustrasi Bumi dari luar angkasa (Gambar : NASA)

Medialingkungan.com – Setiap tahun, dimulai sejak tahun 1970, Hari Bumi sedunia selalu diperingati pada 22 April. Momen ini adalah yang paling tepat bagi kita untuk bergerak dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet tempat tinggal kita. Selain itu, hal baik lain yang bisa kita lakukan di Hari Bumi adalah mempelajari lebih lanjut tentang bumi kita beserta dengan karakteristiknya.

Seperti yang dilansir Discovery News dalam news.discovery.com, berikut adalah 7 hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang bumi:

  1. Bumi Tidak Berbentuk Seperti Bola Sempurna

Planet Bumi mungkin terlihat berbentuk bulat sempurna jika dilihat dari gambar yang diambil dari ruang angkasa. Namun, para ilmuan berkata bahwa massa bumi tidak merata, sehingga agak gepeng di daerah kutub dan bengkak di garis khatulistiwa, dimana jarak tersebut dari pusat bumi adalah 13 mil jauhnya.

  1. Sebagian Besar Wilayah Belum Terjelajahi

71% permukaan bumi didominasi oleh lautan. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, kita hanya telah mengeksplorasi sekitar 5% wilayah perairan.

  1. Mineral Terbanyak di Bumi Yang Jarang Kita Dengar

Bridgmanite, mineral yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya ini adalah mineral yang menyusun 38% volume bumi. Mineral ini terbentuk dari magnesium-besi silikat.

  1. Hampir Sepertiga Permukaan Bumi Ditutupi Oleh Pepohonan

Manusia telah memangkas habis setengah dari hutan dunia sejak tahun 1800-an, namun hutan kita yang masih tersisa seluas hampir 10 miliar are, dimana masih dapat berperan 31% untuk bumi. Hutan berfungsi untuk menyerap dan menyimpan karbondioksida yang kita keluarkan ke atmosfir, sehingga menjadi salah satu benteng perlawanan dalam menghadapi perubahan iklim.

  1. Atmosfir Bumi Terbanyak Berada di Lapisan Terbawah

Sekitar 75-80% gas di atmosfir bumi terkonsentrasi di troposfer, lapisan terendah atmosfir bumi yang membentang sekitar 6 mil panjangnya. Pada lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhu yang mendadak, angin, tekanan dan kelembaban yang kita rasakan sehari-hari berlangsung.

  1. Bumi Memiliki Sekitar 1.500 Gunung Berapi Yang Dapat Meletus

Beruntung, kebanyakan dari gunung tersebut merupakan gunung berapi dorman atau tidak aktif dalam waktu yang panjang. Menurut U.S Geological Survey, hanya sekitar sepertiga dari gunung berapi yang berpotensi aktif yang benar-benar telah meledak sepanjang sejarah kehidupan manusia.

  1. Jika Anda Tinggal di Amerika Utara, Tanah di Bawah Kaki Anda Ternyata Bergerak

Lempengan tektonik Amerika Utara bergerak hanyut ke barat dengan laju sekitar 1 inci per tahun, menurut Pacific Northwest Seismic Network, sebuah lembaga penelitian yang dibentuk untuk meneliti gempa dan aktivitas merapi.

Itulah beberapa fakta tentang planet yang kita tinggali ini. Dengan banyak mencari tahu terkait bumi, maka kesadaran untuk menjaga keadaan bumi kita tetap baik akan terus meningkat, demi menjaga kelangsungan hidup manusia dan alam semesta. Selamat Memperingati Hari Bumi Sedunia 2016. {Muchlas Dharmawan}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini