medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Keuntungan Mengonsumsi Buah & Sayur Berwarna Merah

Published in Informasi & Teknologi
Minggu, 14 Juni 2015 10:49
  • Email
Beberapa contoh buah dan sayuran yang berwarna merah baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh (Gambar: Dok) Beberapa contoh buah dan sayuran yang berwarna merah baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh (Gambar: Dok)

Medialingkungan.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa penting untuk mengkonsumsi 5-10 porsi buah dan sayuran, namun karena gaya hidup yang menyita banyak waktu, sehingga masyarakat sering lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Penyakit-penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, obesitas, hingga kanker terus mengalami peningkatan akibat pola konsumsi biji-bijian olahan, gula, makanan yang mengandung banyak lemak, dan makanan olahan lainnya.

Buah merah dan sayuran khususnya mengandung nutrisi yang menjaga tekanan darah yang sehat, mencegah pertumbuhan tumor, mengurangi kolesterol jahat, menurunkan risiko kanker prostat pada pria, dan membantu mencegah arthritis.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah:

Vitamin C

Diet tinggi Vitamin C dikenal untuk menunda proses penuaan serta mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan arthritis. Red lada, jambu, stroberi, raspberry, tomat dan pepaya adalah makanan merah yang sumber yang sangat baik dari vitamin C. Klik di sini untuk membaca 15 + Vitamin C-Kaya Buah dan Sayuran.

Lycopene

Lycopene adalah karotenoid yang memberikan buah merah dan sayuran warna merah cerah mereka yang khas. Antioksidan kuat ini diyakini mengurangi risiko beberapa jenis kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, serta mengurangi dan menurunkan risiko degenerasi makula (gangguan mata terkait usia). Tiga makanan yang mengandung lycopene yang paling jambu, semangka, dan tomat, masing-masing. Klik di sini untuk membaca The Top Ten Makanan tertinggi di Lycopene.

Quercetin

Quercetin, flavonoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna cerah, membantu menjaga tekanan darah yang sehat, menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti COLON CANCER, dan membantu meringankan alergi dan asma dengan mencegah pelepasan histamin oleh sel-sel kekebalan tubuh . Bawang mentah, cranberry, ceri, apel, dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari quercetin.

Asam ellagic

Asam ellagic merupakan antioksidan yang dikenal karena kemampuannya untuk memanggil kematian sel-sel kanker. Antioksidan ini juga dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta mempromosikan penyembuhan luka dalam tubuh. Buah merah kaya akan asam ellagic termasuk raspberry, stroberi, delima, jambu biji dan cranberry. Klik di sini untuk membaca ringkasan temuan reasearch yang menunjukkan kemampuan asam ellagic untuk mengurangi risiko kanker.

Hesperidin

Biflavonoid ini bertanggung jawab untuk warna dan ditemukan pada konsentrasi tertinggi di kulit dari buah jeruk. Seperti quercetin, hesperidin membantu meringankan alergi dan asma dengan bertindak sebagai anti-histamin dan dengan demikian mencegah pelepasan histamin. Its manfaat lainnya termasuk menjaga kadar kolesterol sehat, mengurangi risiko beberapa jenis kanker, dan penguat kapiler (pembuluh darah kecil) yang mempromosikan penyembuhan dalam tubuh. Grapefruit adalah sumber terkaya hesperidin.

Makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran adalah penting untuk mendapatkan berbagai nutrisi semua yang membantu kami menjalani hidup yang sehat. Diet Anda lebih berwarna, semakin besar manfaat!

Beberapa buah-buahan berwarna merah termasuk: Ceri – cranberry - jambu biji - anggur merah – semangka – delima – stroberi – raspberi - apel merah (dengan kulit) - pir merah (dengan kulit), Buah-buah ini bisa dimakan seperti, ditambahkan ke sereal dan susu, ditambahkan ke salad, atau dimasukkan ke dalam smoothies.

Beberapa sayuran berwarna merah meliputi: Cabe - tomat (tomat dimasak mengandung lebih lycopene dari tomat mentah) – kelembak - cabai merah - bawang merah (terbaik dimakan mentah atau dimasak sedikit manfaat gizi maxiumum) – lobak – radicchio - kentang merah (dengan kulit) - kubis merah. (Fahrum Ahmad)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini