medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Kupu-Kupu Ini Miliki Penglihatan Melebihi Kemampuan Manusia

Published in Informasi & Teknologi
Rabu, 09 Maret 2016 23:10
  • Email
Graphium sarpedon, salah satu jenis kupu-kupu Swallowtail (Gambar: bagapo / iStockphoto) Graphium sarpedon, salah satu jenis kupu-kupu Swallowtail (Gambar: bagapo / iStockphoto)

Medialingkungan.com – Selain memiliki warna sayap yang indah sehingga membuatnya menarik bagi banyak orang, ternyata kupu-kupu juga memiliki kelebihan lain. Salah satu kelebihan kupu-kupu adalah pada penglihatannya yang melebihi kemampuan meilhat mata manusia.

Seperti yang dilansir sciencemag.org, Graphium sarpedon, salah satu jenis kupu-kupu Swallowtail ternyata memliki bidang penglihatan yang lebih luas jika dibandingkan dengan manusia. Selain itu, kupu-kupu jenis ini juga mampu melihat objek yang bergerak cepat serta dapat membedakan sinar ultraviolet.

Berasarkan hasil riset para ilmuan yang juga dipublikasikan dalam Frontiers in Ecology and Evolution menyebutkan setidaknya kupu-kupu jenis ini memiliki 15 jenis fotoreseptor atau sel saraf di retina mata yang digunakan untuk mendeteksi cahaya yang diperlukan untuk menangkap warna.

Penemuan ini menjadi menarik dikarenakan kebanyakan spesies serangga hanya memiliki 3 kelas fotoreseptor. Bahkan manusia hanya memiliki 3 sel kerucut (fotoreseptor) untuk melihat jutaan warna. Sedangkan kupu-kupu jenis ini hanya menggunakan 4 dari 15 sel sarafnya untuk dapat  menangkap warna tersebut.

Para ilmuan tersebut menduga bahwa 11 fotoreseptor lainnya dirancang untuk melihat hal-hal spesifik terkait kepentingan mereka bertahan hidup. Misalnya, dengan mata mereka dapat waspada terhadap sedikit variasi dalam spektrum biru-hijau, kupu-kupu laki-laki dapat melihat dan mengejar saingan mereka. {Irlan}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini