medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Lapan Luncurkan 4 Seri Pesawat Nirawak Untuk Tugas Kemaritiman

Published in Informasi & Teknologi
Selasa, 03 Maret 2015 20:58
  • Email
LSU-02 LAPAN saat dilakukan uji coba dari Kapal Perang TNI Angakatan Laut (Gambar:Dok) LSU-02 LAPAN saat dilakukan uji coba dari Kapal Perang TNI Angakatan Laut (Gambar:Dok)

Medialingkungan.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berhasil merancang empat seri pesawat tanpa awak (drone) yang nantinya akan digunakan untuk melakukan sistem survei kemaritiman.

Keempat pesawat tanpa awak tersebut adalah Lapan Surveillance Unmanned Aerial Vehicle (LSU) seri kedua (LSU-02) hingga seri kelima (LSU-05), yang saat ini dalam tahap pengembangan pada sistem komunikasi, pengendali dan muatannya.

Pengembangan pesawat tanpa awak tersebut telah dirintis sejak tahun 2011 di Pusat Teknologi Penerbangan. Lapan LSU ini akan menjalankan misi sistem surveilans kemaritiman, pemantauan, dan pemetaan perbatasan.

Pada seri LSU-02, bentangan sayapnya mencapai 2,5 m dengan panjang badan 2 m dan telah digunakan sebelumnya untuk pemotretan udara dan pemetaan. Tipe ini mampu mencapai kecepatan 90 km/jam dan tanpa penggunaan remote control lagi, karena telah dilengkapi sistem terbang otomatis (autonomous flying system).

Sementara itu, drone LSU-03 memiliki jangkauan 150 km lebih jauh dibandingkan dengan LSU-02. Dengan jangkauan tersebut, wahana itu dianggap mampu menjalankan misi surveilans dan perekaman video seketika (realtime).

Selain kelebihan yang ditonjolkan pada jangkauannya, LSU-03 juga mampu mengangkat muatan hingga 10 kilogram atau dua kali lipat beban yang mampu diangkat oleh LSU-02.

Adapun LSU-04 memiliki ukuran lebih besar dengan panjang bentang sayap mencapai 4 m. Kecepatan terbangnya mencapai 100 km/jam, dengan kecepatan maksimum hingga 160 km/jam, dan muatan maksimum mencapai 18 kg.

Wahana teranyar Lapan, LSU-05, dengan paduan bahan komposit pada badan pesawat, sehingga membuat pesawat lebih ringan dan memungkinkan menampung muatan lebih banyak. LSU-05 ini telah juga telah melalui uji terbang pada akhir tahun 2014 dan akan segera dioperasikan. (IR)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini