medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Manfaatkan Tenaga Surya, Kota Vauban Menjadi Ramah Lingkungan

Published in Informasi & Teknologi
Rabu, 11 Februari 2015 14:51
  • Email
Kota Vauban, Jerman (Gambar: bp) Kota Vauban, Jerman (Gambar: bp)

Medialingkungan.com – Kota Vauban di Jerman merupakan salah satu kota yang sangat ramah lingkungan. Pasalnya, Kota berpenduduk sekitar 1.500 jiwa tersebut tidak meggunakan energi listrik untuk kebutuhan elekronik. Selama 30 tahun terakhir, seluruh masyarakat yang bermukim di kota ini menggunakan pembangkit listrik dari sinar matahari atau yang sering disebut dengan istilah tenaga surya.

Bukan hanya rumah, seluruh perkantoran dan toko juga menggunakan tenaga surya sebagai sumber listriknya. Hal tersebut sudah berlangsung selama lebih dari empat dekade dan membawa daerah ini menjadi Desa paling ramah lingkungan di Jerman.

Letak kota yang berada di tengah lembah dalam kawasan hutan blackforest menjadikan hawa pada daerah ini menjadi hangat. Hal tersebut jugalah merupakan salah satu pendukung dari pemanfaatan tenaga surya. Dalam konsep tata ruang, pemerintah telah menetapkan kebijakan yang mengatur tentang konsep bangunan yang ramah lingkungan dimana setiap bangunan harus dilengkapi dengan semua fasilitas yang mendukung penggunaan tenaga surya.

Setiap rumah setidaknya harus memiliki rancangan instalasi serta model atap dan dinding yang menyesuaikan kondisi matahari agar ketika musim kemarau tiba, sinar matahari yang sangat terik tidak masuk kedalam rumah.

“Kemandirian akan energi listrik di kota Vauban berawal dari keinginan pemerintah untuk membangun pembangkit listrik bertenaga nuklir pada tahun 1972. Namun, masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani anggur mengkhatirkan hal tersebut. Mereka takut limbah nuklir akan memunculkan awan-awan hujan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman anggur para petani,” ujar salah satu warga Vauban.

Ia menambahkan bahwa proses yang panjang kemudian membuat pemerintah membatalkan rencana pembangungan pembangkit nuklir tersebut. Namun kami selaku warga, sadar akan kebutuhan listrik yang sangat besar di masa mendatang.

Faktor lain yang membuat kota ini minim polusi adalah penataan sistem transportasi, Kereta, trem, dan bus sangat memadai sehingga warga tak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, ongkos parkir yang terbilang mahal merupakan salah satu cara pemerintah kota agar masyarakat menggunakan transportasi umum.

Ketersediaan Jalur sepeda dan jalur untuk pejalan kaki yang tersedia di sepanjang jalan membuat kota ini jarang dijumpai adanya pengendara motor. Sungguh, sebuah kota yang ramah lingkungan dengan kepadatan penduduk yang tinggi. (AND)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini