medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Konversi Tebu Jadi Bahan Bakar Pesawat Ramah Lingkungan

Published in Informasi & Teknologi
Minggu, 14 Juni 2015 22:56
  • Email
Tebu, (Saccharum officinarum) adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang hanya dapat tumbuh pada daerah iklim tropis serta umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun (gambar: oman.student.unej.ac.id) Tebu, (Saccharum officinarum) adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang hanya dapat tumbuh pada daerah iklim tropis serta umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun (gambar: oman.student.unej.ac.id)

Medialingkungan.com – Tim peneliti dari University of California, Amerika Serikat, telah mengembangkan teknik baru untuk mengkonversi biomassa dari tanaman tebu menjadi bahan bakar pesawat jet.

Dalam tulisannya yang diterbitkan pada Jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS), Mereka mengklaim bahan bakar tersebut dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 80 persen. Dari data yang dilaporkan Phys.org, 2 persen emisi gas rumah kaca disumbangkan ke atmosfer melalui bahan bakar pesawat jet.

Alexis Bell, salah seorang peneliti sebagaimana dilansir kompas.com mengungkapkan pembuatan bahan bakar ramah lingkungan itu sangat rumit mengingat bahan bakar pesawat punya beragam kriteria ketat.

"Tidak boleh ada kandungan oksigen, karena oksigen dalam jumlah berapapun akan mengurangi kepadatan energi. Lalu karena ruang yang tersedia pesawat terbang sangat minimal maka Anda pasti ingin mengemas energi sebanyak mungkin dalam bentuk bahan bakar," ucap Bell.

Bell juga menjelaskan bahan bakar tersebut harus stabil pada suhu yang sangat rendah agar tidak berubah menjadi gelatin yang membuatnya tidak dapat mengalir lagi serta memiliki titik didih yang tepat sehingga tidak menyebabkan kerusakan berlebihan pada komponen turbin.

Dari semua kriteria tersebut, Dia menyebutkan tanaman tebu telah memenuhi semua kriteria untuk dijadikan bahan bakar pesawat jet. Dalam prosesnya, tanaman tebu akan dipisahkan kandungan sukrosanya yang digunakan untuk menurunkan metil keton sehingga akan menghasilkan bahan utama dari bahan bakar tersebut.

Selain itu, tanaman tebu juga dapat digunakan untuk membuat pelumas mobil dan bahan bakar diesel.(Irlan)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini