medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Perusahaan UGE Melakukan Renovasi Pada Menara Eiffel

Published in Informasi & Teknologi
Kamis, 05 Maret 2015 22:20
  • Email
Salah satu turbin yang ada di Menara Eiffel (Gambar: istimewa) Salah satu turbin yang ada di Menara Eiffel (Gambar: istimewa)

Medialingkungan.com – Perusahaan Urban Green Energy (UGE) melakukan proyek renovasi terhadap menara Eiffel, Perancis, mereka telah memasang dua turbin berbentuk baling spiral atau helix yang mampu menghasilkan 10.000 kWh listrik pertahun, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik menara dan sekitarnya. Energi yang dihasilkan itu, setara dengan penggunaan rumah tunggal yang ada di Amerika Serikat (AS).

Turbin yang diletakkan 400 meter di atas tanah ini merupakan tempat yang cukup strategis. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan produksi energi dan memungkinkan turbin untuk mengambil keuntungan dari angin yang relatif stabil.  UGE juga gunakan bahan cat yang sama seperti menara Eiffel, agar tidak mengganggu pemandangan dan dapat berbaur secara estetis dengan rangka menara.

Pemasangan turbin pada sumbu Vertikal cenderung memberikan output lebih rendah dari turbin konvensional, tetapi turbin ini dirancang khusus untuk beroperasi di daerah perkotaan di mana angin yang berhembus cenderung kurang dapat diprediksi dan bisa datang dari berbagai arah.

"Menara Eiffel ini bisa dibilang ikon arsitektur paling terkenal di dunia, dan kami bangga bahwa teknologi canggih kami terpilih sebagai Menara yang berkomitmen untuk masa depan yang lebih berkelanjutan," kata CEO UGE, Nick Blitterswyk.

Dia menambahkan, bila pengunjung dari seluruh dunia melihat turbin angin ini, kita sudah satu langkah lebih dekat untuk mendukung dan mengkampanyekan energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.

Turbin angin merupakan bagian dari proyek utama retrofit hijau untuk Menara Eiffel. Bukan hanya itu, situs ini juga dipasangi energi lampu LED yang efisien dan array surya termal seluas 10 meter persegi untuk menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan air panas dari Monumen berusia 125 tahun itu, katanya.

Selain itu, Nick mengatakan, pompa panas telah dipasang untuk memanaskan fasilitas dan sistem pemulihan air hujan juga telah terinstal. Meskipun turbin Menara Eiffel tidak akan menyalakan seluruh Kota Perancis, teknologi ini merupakan makeover hijau yang datang pada waktu yang tepat. “Mengingat The City of Light akan menjadi tuan rumah Konferensi PBB Perubahan Iklim akhir tahun ini,” ucap Nick. (MR)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini