medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pesawat Bertenaga Surya Pecahkan Rekor Terbang Dunia

Published in Informasi & Teknologi
Kamis, 19 Maret 2015 22:41
  • Email
Test Drive Pesawat Tenaga Surya Jenis Baru Buatan Swiss (Gambar: Twitter) Test Drive Pesawat Tenaga Surya Jenis Baru Buatan Swiss (Gambar: Twitter)

Medialingkungan.com – ‘Solar Impulse 2’, julukan bagi pesawat terbang bertenaga surya yang sedang melakukan misi penerbangan keliling dunia ini diklaim telah memecahkan rekor terbang terjauh untuk pesawat bertenaga surya.

Pesawat yang memiliki bentang sayap hingga 72 meter dan bobot hanya 2.3 ton ini telah menempuh jarak terbang sejauh 1,468 km dari Muscat, Oman ke Ahmed Abad.

Sejauh ini, pesawat masa depan dunia tersebut telah menghabiskan perjalanan dengan jarak tempuh 2.000 km yang dimulai dari Abu Dhabi.

Sekarang, pesawat tersebut telah meninggalkan kota Varanasi di India utara menuju Myanmar yang diperkirakan tiba hari Kamis malam (19/03).

Bertrand Piccard dan Andre Borschberg, 2 orang pilot asal Swiss ini bergantian memandu pesawat dalam penerbangan yang diduga memakan waktu lima bulan.

Kemampuan pesawat ini terbang jauh didukung pada penggunaan lebih dari 17 ribu sel matahari di kedua sayapnya yang mengisi kembali baterai pesawat.

Selain itu, pesawat ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion energi terpadatkan agar pesawat dapat bertahan terbang di malam hari. Hal inilah menyebabkan pesawat ini mampu terbang, baik siang maupun malam.

Bobot yang ringan juga menjadi faktor yang sangat membantu penerbangan ini beberapa bulan kedepan. Hal inilah yang membuatnya mampu terbang di atas pegunungan-pegunungan yang tingginya hingga 3.000 mdpl. (Irlan)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini