medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Publikasi Baru, Ungkap Kaitan Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan

Published in Informasi & Teknologi
Rabu, 11 Maret 2015 13:42
  • Email
Ilustrasi (Gambar: Istimewa) Ilustrasi (Gambar: Istimewa)

Medialingkungan.com – Food Research International baru-baru ini merilis publikasi terbaru dengan edisi khusus mengenai dampak perubahan iklim terhadap ketahanan pangan.

Kumpulan penelitian ini secara spesifik mengemukakan isu-isu seperti penggunaan pestisida, transmisi parasit, produksi mikotoksin pada tomat, keracunan kerang paralitik, Vibrio parahaemolyticus, dan hubungan antara banjir dan kontaminasi terhadap jenis sayuran hijau.

Dikutip dari Food Safety News, penelitian ini diterbitkan oleh para peneliti di Wageningen University di Belanda dan Ghent University di Belgia, termasuk beberapa makalah dari proyek penelitian Veg-i-Trade yang dibiayai oleh Uni Eropa.

Studi awal mengungkap adanya zat beracun dari jamur menunjukkan indikasi adanya peningkatan risiko kontaminasi tomat di akhir abad ke-21 di Polandia, namun peningkatan suhu di Spanyol akan menurunkan risiko kontaminasi di sana.

Kemudian, studi lain menunjukkan bahwa banjir di bidang selada dapat mengakibatkan konsentrasi peningkatan bakteri berbahaya yang dengan cepat dapat dipecah lagi oleh sinar Ultra Violet.

Hasil penelitian tersebut menujukkan bahwa skenario iklim di masa depan dapat menyebabkan wabah keracunan yang akan berlangsung selama bulan-bulan awal di tahun ini.

Studi ini merupakan yang pertama, yang mengungkap kaitan perubahan iklim dan ketahanan pangan, dan para peneliti saat ini tengah mendiskusikan agar penelitian diperluas. (Fahrum Ahmad)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini