medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

RAPP Bangun Pabrik Kertas Dengan Teknologi Ramah Lingkungan

Published in Informasi & Teknologi
Rabu, 03 Juni 2015 09:58
  • Email
Alat pencetak kertas yang dimiliki perusahaan PT.Riau Andalan Pulp and Paper (Gambar: Kapstonepaper.com) Alat pencetak kertas yang dimiliki perusahaan PT.Riau Andalan Pulp and Paper (Gambar: Kapstonepaper.com)

Medialingkungan.com – Perusahan kertas PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) tengah membangun pabrik kertas dengan teknologi ramah lingkungan.

Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas lima hektar tersebut akan menggunakan teknologi paper machine 3, sebuah mesin pencetak kertas yang dapat menghemat penggunaan energi dalam produksinya dibandingkan dengan paper machine sebelumnya.

Mhd Ali Shabri, Wakil Direktur Operasional RAPP mengungkapkan bangunan dengan nilai investasi Rp 4 triliun tersebut didesain lebih ramping dari pabrik kertas pada umumnya.

“Peralatan yang dipakai dapat menghemat energi sebesar 400 Kw per ton kertas atau setara dengan penghematan batubara sebesar 71.000 ton per tahun,” ujarnya seperti yang dilansir riaupos.co, Selasa (02/06).

Ali juga menjelaskan paper machine ini menghasilkan produk kertas yang sangat baik untuk keperluan digital dan juga merupakan teknologi pertama di Indonesia yang cetakannya menghasilkan warna yang lebih merata dan cemerlang.

“Hasil cetak lebih sempurna, derajat putih lebih tinggi dan kertasnya lebih tebal dan tidak merusak printer karena partikelnya merata. Dengan Teknologi ini juga, akan menghasilkan kertas yang dapat menghemat  penggunaan pemakaian tinta sebesar 15% dibandingkan mencetak menggunakan kertas biasa,” ucap Ali. 

Paper machine 3 mampu memproduksi kertas dengan kecepatan 1,4 kilometer per menit atau 1.400 meter per menit. Hasil Produk dari paper machine ini adalah Kertas High Grade Digital Paper yang dihasilkan dari Teknologi Hi-Digi.

Teknologi ini juga mampu memproduksi kertas dengan kecepatan 1,4 kilometer per menit atau 1.400 meter per menit.

Ali menambahkan pihaknya berkomitmen menjadi industri hijau sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah. (Irlan)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini