medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Siswa SMP Temukan Baterai Berbahan Dasar Buah Pare

Published in Informasi & Teknologi
Rabu, 01 April 2015 16:23
  • Email
Tiga siswa SMP Negeri 2 Takalar saat demonstrasi baterai buah pare (Gambar: Mustajib) Tiga siswa SMP Negeri 2 Takalar saat demonstrasi baterai buah pare (Gambar: Mustajib)

Medialingkungan.com - Tiga pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Takalar, Sulawesi Selatan berhasil membuat baterai dengan bahan dasar buah pare.

Berdasarkan penelitian yang dlakukan, ternyata buah pare mengandung senyawa basa yang bisa menggantikan serbuk karbon dalam baterai. senyawa basa pada buah tersebut mngandung ion OH- yang bisa menghasilkan sumber energi listrik.

Selain itu, dari hasil uji besaran kndungan tegangannya, baterai ramah lingkungan ini memiliki tegangan listrik yang tidak jauh berbeda dengan baterai paten. Baterai paten memiliki voltase 1,5 volt dan baterai buah pare ini memiliki voltase antara 1,3 sampai 1,4 volt.

Energi listrik ramah lingkungan tersebut kemudian didemonstrasikan pada pameran pendidikan USAID PRIORITAS di Gedung Islamic Center, Takalar. Dalam pameran tersebut, mereka membuktikan hasil temuan mereka pada jam dinding dan bohlam lampu.

“Kami menemukannya dalam rangka mencari energi terbarukan yang ramah lingkungan. Penemuan ini juga atas bimbingan pengajar kami dalam bidang IPA khususnya tentang energi,” kata Nurul Izza Fajriani, salah satu dari tiga anak yang mendemonstrasikan penemuan tersebut.

Sementara itu, Bupati Takalar, Dr. Burhanuddin Baharuddin yang juga hadir pada pameran ini sangat mengapresiasi hasil karya tersebut. Dia berharap hasil temuan tersebut bisa dikembangkan lebih jauh lagi. (Dedy)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini