medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Wow, Kantong Plastik Dari Kulit Udang

Published in Informasi & Teknologi
Sabtu, 05 Desember 2015 14:53
  • Email
Kulit udang yang mampu dijadikan kantong plastik (Gambar: budayahidupsehat) Kulit udang yang mampu dijadikan kantong plastik (Gambar: budayahidupsehat)

Medialingkungan.com – Sampah, siapa yang tidak asing dengan kata ini. Sampah plastik menjadi salah satu masalah perkotaan dan membuat wilayah menjadi banjir akibat sampah plastik, dikarenakan begitu sulit terurai. Tetapi plastik (kantong plastik) sangat banyak digunakan masyarakat baik itu dikalangan menengah ke atas atau pun menengah ke bawah.

Tapi Jangan khawatir, perempuan remaja kelas XII SMA Kharisma Bangsa, Pamulang, Tangerang Selatan, Yuke Fadhillah kini berhasil menemukan plastik yang terbuat dari kulit udang yang dengan cepat terurai.

Pada mulanya Yuke diberikan tugas oleh gurunya untuk melakukan penelitian, kemudian sambil makan udang tanpa kulit dia memikirkan penelitian apa yang akan dikerjakan dan dia kepikiran kenapa tidak mencoba untuk manfaatkan kulit udang saja.

Dalam temuannya dia memberikan nama temuannya ini dengan nama plastik Degradable. Plastik ini terbuat dari tiga bahan utama, yaitu polyvinylalkohol (PVA), kitosan yang berasal dari limbah kulit udang dan pati onggok.

Cara pembuatannya, Yuke mengekstraksi pati onggok dan kitosan kemudian hasilnya dicampur dan diaduk menggunakan stirer sampai membentuk bahan cair. Setelah itu, ditambahkan sebuah bahan kimia agar cairannya menjadi elastis dan dituangkan ke sebuah alat pencetak. Lalu dikeringkan dengan dioven selama dua hari atau lebih, tergantung ukuran plastiknya.

Plastik tersebut telah diuji ketahanannya di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Hasilnya menunjukkan bahwa plastik tersebut mampu membawa delapan air mineral dalam kemasan sekaligus.

Dan yang membuat plastik ini menjadi luar biasa, tidak ada bau sama sekali serta masyarakat tidak perlu takut jika ingin membungkus makanan baik itu kue kering atau pun basah.

Harapan gadis belia itu, hadirnya plastik degradable menjadi manfaat yang besar buat masyarakat atau perusahaan yang ingin mencobanya atau ingin mengembangkannya dengan teknologi. Dia juga ingin berencana mendaftarkan hak paten untuk penemuannya tersebut. {Angga Pratama}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini