medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Bahan Kimia Bahaya bagi Lebah, Produsen Pestisida AS Berhenti

Published in Internasional
Jumat, 15 April 2016 21:56
  • Email
Lebah madu merupakan serangga penyerbuk 80 persen tanaman buah dan sayuran yang diperlukan oleh manusia. {indonesianhoneybees} Lebah madu merupakan serangga penyerbuk 80 persen tanaman buah dan sayuran yang diperlukan oleh manusia. {indonesianhoneybees}

Medialingkungan.com - Ortho produsen pestisida terkenal di Amerika Serikat akan mulai berhenti menggunakan bahan kimia yang diyakini berbahaya bagi lebah madu dan serangga penyerbuk lainnya.

Menanggapi tekanan dari pendukung lingkungan, perusahaan yang berbasis di Ohio Marysville, hari Selasa (12/4) mengumumkan akan menghapus bahan kimia neonicotinoids (neonics) di delapan produk yang digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman selambat-lambatnya 2021.

Bahan kimia yang disebut neonics dalam jangka pendek dapat menyerang sistem saraf pusat serangga. Beberapa ilmuan mengatakan neonics adalah salah satu dari beberapa faktor di balik menurunnya populasi lebah, yang merupakan serangga penyerbuk 80% tanaman buah dan sayuran yang diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia.

Tim Martin, Manajer Pelaksana Ortho mengatakan, keputusan ini datang setelah pertimbangan hati-hati mengenai berbagai kemungkinan ancaman terhadap lebah madu dan serangga penyerbuk lainnya.

"Sementara lembaga di Amerika Serikat masih mengevaluasi dampak keseluruhan dari neonics pada populasi serangga penyerbuk, sudah saatnya Ortho untuk mengambil langkah kedepan." Tambanhnya seperti yang diwartakan Usatoday.com

Ortho mendorong perusahaan-perusahaan lainnya untuk mengikuti jejaknya. Ortho juga mengatakan bergabung dengan kelompok yang disebut Dewan Pengurus Penyerbuk untuk mendukung habitat lebah dan mengajarkan para konsumen mengenai penggunaan pestisida yang tepat.

"Lebah dan kupu-kupu sangat penting untuk ekosistem kita dan saat ini sedang berjuang untuk bertahan hidup," Michele Colopy, direktur program dari Pollinator Stewardship Council, dalam sebuah pernyataan. "Kami bergabung dengan Ortho dan meminta produsen pengendalian hama lain untuk transisi dari penggunaan neonics."

Kekhawatiran tentang keberadaan lebah dan serangga penyerbuk lainnya mulai tumbuh. Pekan lalu, anggota Majelis Umum negara bagian Maryland meloloskan RUU yang akan memungkinkan hanya pihak bersertifikat termasuk petani dan dokter hewan yang dapat menggunakan pestisida yang mengandung neonics. 

Jika gubernur Maryland menandatangani RUU itu, Maryland akan menjadi negara bagian pertama di Amerika yang memberlakukan larangan terhadap neonic. {Mirawati}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini