medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Greenpeace: Illegal Logging Ancam Habitat Panda Di Cina

Published in Internasional
Senin, 02 November 2015 14:09
  • Email
Panda yang terancam puna di Suaka Panda Besar di Sichuan, Cina (Gambar: UNESCO) Panda yang terancam puna di Suaka Panda Besar di Sichuan, Cina (Gambar: UNESCO)

Medialingkungan.com – Hutan alam di Suaka Panda Besar Sichuan, Cina tiap hari terjadi pembalakan hutan hanya untuk kepentingan pribadi. Akibat illegal logging ini membuat populasi panda menurun, kehilangan habitatnya, dan terancam punah.   

Hasil investigasi Greenpeace mencatat sekitar 1.280 ha hutan alam di Suaka Panda Besar Sichuan, Cina telah ditebang habis. “Luasnya pembalakan liar di daerah yang berharga ini sangat mengejutkan,” ujar Wakil Kepala Unit Hutan dan Laut, Greenpeace Asia Timur, Pan Wenjing,  seperti yang dilansir The Guardian, (02/11).

“Temuan ini sangat merusak upaya pemerintah Cina dalam melestarikan cagar dan warisan alam dunia,” tambahnya.

Sementara itu, sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Administrasi Kehutanan Negara Cina diawal tahun ini menemukan bahwa pada akhir tahun 2013 Cina memiliki 1.864 Panda Besar hidup di alam liar, peningkatan 268 individu, atau 16,8 %.

Lanjut survei tersebut juga menunjukkan 223 Panda besar liar yang terancam punah, atau 12% dari populasi, berada pada risiko tinggi kepunahan karena tekanan dari faktor-faktor seperti kehilangan habitat. {Muchlas Dharmawan}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini