medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Investor Mendesak Para Pimpinan G20 agar Meratifikasi Perjanjian Paris Tahun Ini

Published in Internasional
Kamis, 25 Agustus 2016 19:05
  • Email
Rapat Kerja Pertama Kelompok Energi Keberlanjutan 02 Maret 2016 diadakan di Xiamen, China {Gambar: G20.org} Rapat Kerja Pertama Kelompok Energi Keberlanjutan 02 Maret 2016 diadakan di Xiamen, China {Gambar: G20.org}

Medialingkungan.com - Sebanyak 130 Investor yang mengontrol US $ 13tn investasi telah menghimbau negara-negara G20 untuk meratifikasi perjanjian Paris tahun ini. Negara yang lebih dulu meratifikasi perjanjian Paris akan mendapat manfaat dari segi kepastian kebijakan yang lebih baik dan menarik investasi dalam teknologi rendah karbon. Penandatangan surat dilakukan menjelang KTT G20 di Hangzhou, Cina September mendatang.

Institusi Kelompok investor menyatukan anggota dari enam kelompok investasi terbesar di dunia hijau: Europe's Institutional Investors Group on Climate Change (IIGCC); Ceres and the North American Investor Network on Climate Risk; the Australia/New Zealand Investor Group on Climate Change; the Asia Investor Group on Climate Change; CDP dan PRI.

Mereka menyerukan penetapan harga karbon, serta peraturan yang mendorong efisiensi energi dan energi terbarukan. Rencana agar meninggalkan bahan bakar fosil juga perlu dikembangkan, kata mereka.

"Jadi investor meminta perusahaan memberitahu kita apa pelaksanaan perjanjian Paris berarti untuk bisnis, sehingga kita dapat berinvestasi sesuai risiko itu," kata Emma Herd, kepala eksekutif dari Grup Investor tentang Perubahan Iklim (IIGCC)

Didalam surat yang ditujukan kepada para pimpinan G20 tertulis: "Perjanjian Paris tentang perubahan iklim memberikan sinyal yang jelas kepada investor bahwa transisi ke rendah karbon, ekonomi energi bersih tidak bisa dihindari dan sudah berjalan".

"Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk bekerja dengan sektor swasta untuk memastikan bahwa transisi ini terjadi cukup cepat untuk mengkatalisasi investasi secara signifikan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perjanjian Paris."

KTT G20 akan berlangsung di China pada 04-05 September, dan menjadi acara diplomatik terbesar yang diadakan di China tahun ini. Acara ini akan mempertemukan pemimpin-pemimpin dunia seperti Presiden Xi Jinping dari China dan Barack Obama dari Amerika Serikat serta Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral yang masuk G20. Di bawah kepemimpinan China, G20 tahun ini telah memiliki fokus yang kuat pada isu-isu yang terkait dengan iklim, dengan membangun kelompok studi keuangan hijau.

Kelompok investor menyerukan Jerman, yang mengambil alih kepemimpinan G20 tahun depan, untuk melanjutkan dan memperkuat fokus pada perubahan iklim. {Mirawati}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini