medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Norwegia dan GGGI Akan Dorong Program Ekonomi Hijau di Indonesia

Published in Internasional
Minggu, 29 November 2015 17:31
  • Email
Ilustrasi (Gambar: dw) Ilustrasi (Gambar: dw)

Medialingkungan.com – Meningkatnya pembangunan diberbagai perkotaan bahkan di negara menjadi hal yang wajar ditiap kota. Namun, masih sedikit negara yang mengembangkan pembangunan yang ramah lingkungan.

Pemerintah Norwegia berencana melakukan kerjasama bersama Global Green Growth Institute (GGGI) untuk mendorong usaha Indonesia dalam melakukan pembangunan bekelanjutan yang ramah lingkungan

Dalam perjanjian ini Norwegia akan berkontribusi dalam bentuk hibah senilai 19 juta dolar atau setara dengan Rp285 milyar melalui Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Indonesia – GGGI, yang dilaksanakan oleh GGGI dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Perjanjian baru ini adalah bukti bahwa hasil-hasil pertumbuhan ekonomi hijau telah dicapai di Indonesia sekaligus meneguhkan kembali komitmen Norwegia untuk bermitra dengan GGGI dan para pemangku kepentingan di Indonesia untuk meraih masa depan yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Yvo de Boer, Direktur Jenderal GGGI, seperti yang dilansir pikiran-rakyat, Minggu (29/11).

Melanjutkan pencapaian dari Tahap I Program Pembangunan Ekonomi Hijau Indonesia, perjanjian ini akan membiayai usaha-usaha Tahap II untuk mendukung investasi hijau di sektor energi terbarukan Indonesia, zona ekonomi khusus, kehutanan dan sektor-sektor pemanfaatan lahan lainnya.

Lebih jauh, perjanjian ini memungkinkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten melanjutkan pelaksanaan strategi pembangunan ekonomi hijau yang sudah mereka mulai selama ini untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sementara itu, Kedutaan Besar Norwegia, Stig Traavik mengungkapkan, terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut membuat masyarakat Indonesia terkena berbagai penyakit, bahkan negara tetangga Indonesia juga terkena dampaknya.

“Pembangunan hijau memberikan solusi tepat untuk masalah ini. GGGI bersama dengan Pemerintah Indonesia, melalui Bappenas dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dapat terus membangun dan memperkuat kemitraan hijau antara masyarakat, pemerintah, masyarakat madani dan dunia usaha,” ucapnya.

Dengan komitmen Indonesia yang kuat, GGGI akan melanjutkan dukungan terhadap Pemerintah Indonesia di semua tingkatan untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana pertumbuhan ekonomi hijau lintas sektor yang berhubungan dengan energi, zona ekonomi khusus, hutan dan mitigasi berbasis lahan, serta dukungan terhadap pihak-pihak pemerintah terkait untuk melakukan pendekatan sistematis untuk mendukung investasi hijau. {Angga Pratama}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini