medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Perubahan Iklim Jadi Topik Pada Kunjungan Presiden Tiongkok Ke Kerajaan Inggris

Published in Internasional
Jumat, 23 Oktober 2015 07:33
  • Email
Pertemuan Presiden Tiongkok, Xi Jinping dan keluarga Kerajaan Inggris di London (21/10). Gambar: Reuters Pertemuan Presiden Tiongkok, Xi Jinping dan keluarga Kerajaan Inggris di London (21/10). Gambar: Reuters

Medialingkungan.com – Presiden Republik Rakyat (RRT) Tiongkok Xi Jinping berkunjungan ke kerjaan Inggris pada Rabu (21/10), dalam rangka pertemuan dengan Pangeran Charles dan anggota kerjaan lainnya. Pada pertemuan itu, Xi berbicara banyak hal, mulai hubungan kerjasama, perubahan iklim, hingga sepakbola.

Reuters mencatat, dan Inggris dulu punya hubungan yang tidak terlalu baik. Disebutkan, Pangeran Charles sangat dekat dengan Dalai Lama, pemimpin Buddha Tibet yang menjadi buronan China (kala itu China belum berubah nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok).

Selain itu, kerajaan Inggris sempat melayangkan kekecewaan terhadap banyaknya permintaan gading dari negeri tirai bambu itu yang, sehingga memicu maraknya perburuan gajah.

Namun Maret lalu, terlihat kondisi yang sebaliknya. Pangeran William kala itu mendapatkan sambutan meriah saat berkunjung ke Tiongkok dan bertemu Xi. Tiongkok merupakan negara ekonomi terbesar kedua dunia juga merupakan salah satu mitra dagang utama Inggris.

Dalam pertemuan itu, seperti disebutkan Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Xi menyampaikan penghargaan atas upaya keluarga kerajaan dalam mendukung hubungan kedua negara.

Salah satu topik yang mendapat perhatian keduanya, yakni pembangunan berkelanjutan, di mana perubahan iklim dan energi bersih adalah persoalan utamanya.

“Ini akan jadi momen yang sangat penting buat hubungan Inggris-China. Kunjungan ini jadi kesempatan membahas semua hal dan soal bagaimana Inggris dan Tiongkok bekerjasama terhadap isu global,” ungkapnya, seperti dilansir DailyMail. {Fahrum Ahmad}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini