medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Sekjen PBB: COP21 - Tidak Ada Plan 'B' Karena Tidak Ada Planet 'B'

Published in Internasional
Selasa, 20 Oktober 2015 11:35
  • Email
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Ban Ki Moon (Gambar: Dok) Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Ban Ki Moon (Gambar: Dok)

Medialingkungan.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki Moon, Senin (19/10), memperingatkan negara-negara untuk menempatkan kepentingan global di atas kepentingan nasional pada konferensi iklim dunia di Paris. Ia katakan “kita tidak punya planet 'B'(selain Bumi)."

Desakan ini, kata Ban, merupakan wujud keprihatinannya karena lambatnya pembicaraan global yang bertujuan membatasi perubahan iklim. Hal itu membuatnya sedikit kecewa karena para perunding hanya memusatkan perhatian pada sudut pandang nasional yang sempit.

Untuk menindaki hal tersebut, Ban mendesak negara-negara anggota konferensi perubahan iklim di bawah naungan PBB (UNFCCC) agar bekerja lebih cepat.

"Kita tidak memiliki rencana 'B' karena memang manusia tidak memiliki planet 'B' lainnya," katanya kepada wartawan di Bratislava, ibu kota Slovakia.

Konferensi Iklim, atau yang lebih dikenal dengan Conference of Parties (COP 21) akan diselenggarakan pada 30 November sampai 11 Desember di Paris, dengan tujuan menjamin perjanjian gas rumah kaca yang membatasi suhu global di bawah dua derajat Celsius melalui komitmen tegas seluruh negara-negara.

"Konferensi Paris bukan tujuan, melainkan harus menjadi titik balik dalam upaya kami untuk mengatasi perubahan iklim," jelas Ban.

Kendati dorongan besar untuk kesepakatan iklim dunia di Kopenhagen pada 2009 berjalan tak mulus. Ban menegaskan perundingan di Paris nanti akan berhasil. Ia cukup optimistis, aksi nyata menangani perubakan iklim akan menemui titik balik di Paris. {Fahrum Ahmad}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini