medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Tahun 2017 Tiongkok Akan Lakukan Perdagangan Karbon

Published in Internasional
Jumat, 20 November 2015 17:49
  • Email
Wilayah Tiongkok yang terkena kabut asap (Gambar: glamedianews) Wilayah Tiongkok yang terkena kabut asap (Gambar: glamedianews)

Medialingkungan.com – Tiongkok dari awal memulai perjuangan untuk menciptakan negeri yang damai dan sejahtera. Kali ini Tiongkok berjuang dalam peluncuran pasar perdagangan karbon nasional pada tahun 2017 untuk menurunkan emisi karbon.

Perwakilan Khusus Tiongkok untuk perubahan iklim, Xie Zhenhua mengungkapkan Tiongkok secepat mungkin memulai pasar perdagangan setelah operasi tujuh skema percontohan di seluruh negeri.

Percontohan itu dimulai pada tahun 2011 dan menyetujui tujuh skema di Shanghai, Shenzhen, Hubei, Guangdong, Chongqing, Beijing, dan Tianjin. Inti dari perdagangan ini yakni, mekanisme pasar aman, system pembayaran, dan regulasi, kata Xie.

Sementara itu, menurut laporan tahunan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) menyatakan transaksi dari tujuh percontohan itu total sekitar 188,9 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3 triliun, mencakup kuota emisi gas 40,24 juta ton.

Di bawah skema itu, perusahaan-perusahaan yang lebih banyak sumbangan emisinya diizinkan membeli kuota yang tak digunakan di pasar dari mereka yang menyebabkan lebih sedikit polisi, seperti yang dilansir tempo, Jumat (20/11).

Tujuan perdagangan tersebut akan menjadi langkah besar selanjutnya dari target pengendalian emisi Cina sebelumnya, yang menyasar penurunan emisi 40 persen menjadi 45 persen dari tingkat tahun 2005 pada 2020. {Angga Pratama}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini