medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

TransCanada Minta AS Untuk Tangguhkan Peninjauan Pipa Keystone XL

Published in Internasional
Rabu, 04 November 2015 17:24
  • Email
Sebuah papan peringatan milik perusahaan saluran pipa Transcanada Keystone XL di Texas (Gambar: Getty) Sebuah papan peringatan milik perusahaan saluran pipa Transcanada Keystone XL di Texas (Gambar: Getty)

Medialingkungan.com – TransCanada, sebuah perusahaan di balik saluran pipa Keystone XL yang akan membentang dari Kanada ke Gulf Coast, telah meminta Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk menghentikan peninjauan proyek kontroversial tersebut.

Pihak TransCanada menyatakan bahwa telah mengirimkan surat kepada Menteri Luar Negeri, John Kerry dan meminta Departemen Luar Negeri agar menangguhkan proses peninjauan pipa karena proses regulasi yang sedang berlangsung di Negara barat tengah dari Nebraska, titik akhir dari pipa sepanjang 1.900 kilometer itu.

“Kami meminta Negara untuk jeda meninjau Keystone XL sampai resolusi sengketa tentang rute yang diusulkan di negara bagian Nebraska selesai,” kata CEO TransCanada, Russ Girling.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest mengungkapkan Presiden Barack Obama diminta untuk segera membuat keputusan mengenai proyek saluran pipa ini sebelum masa kepresidenannya berakhir pada bulan Januari 2017.

“Dalam kekalahan, TransCanada meminta waktu tambahan dari wasit, dan jelas mereka berharap mendapatkan seorang kepala pejabat baru setelah pemilu yang pro. Sudah waktunya bagi wasit selagi Presiden Obama masih menjabat, menolak proyek ini,” ujar Bill McKibben aktivis lingkungan, seperti yang dikutip dari nbcnews.

Selama tujuh tahun, nasib 1.179 mil (1.900 kilometer) pipa panjang Kanada - Texas  telah lama menjadi flashpoint dalam perdebatan AS atas perubahan iklim. Kritikus menentang konsep pengolahan pasir tar Alberta, mereka mengatakan pengolahan pasir Alberta dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan akan meningkatkan emisi gas rumah kaca. Mereka juga menyatakan bahwa pipa berpotensi mengalami kebocoran sehingga dapat mencemari sumber air bawah tanah yang merupakan sumber air penting untuk petani di Great Plains.

Kelompok-kelompok lingkungan segera mengklaim kemenangan untuk kampanye mereka melawan pipa.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Bold Nebraska, Jane Kleeb mengatakan rute di Nebraska telah pasti selama bertahun-tahun, satu-satunya perbedaan sekarang adalah TransCanada tahu izin mereka akan ditolak sehingga mereka berebut. Presiden Obama bisa mengakhiri semua ketidakpastian ini dengan goresan penanya.

“Waktunya untuk menolak dan memberikan petani, peternak dan Bangsa Tribal ketenangan pikiran bahwa tanah dan air mereka dilindungi dari pipa berisiko ini,” ucapnya. {Mirawati}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini