medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Atasi Perubahan Iklim Global, Indonesia-Australia Jalin Kerja Sama Untuk Petani

Published in Nasional
Selasa, 22 November 2016 16:09
  • Email
Ilustrasi Australia-Indonesia (Gambar : Istimewa) Ilustrasi Australia-Indonesia (Gambar : Istimewa)

Medialingkungan.com – Siaran Pers dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan Menteri Luar Negeri Julie Bishop telah mengumumkan Paket Perawatan Lahan Australia guna mendukung negara-negara di kawasan Indo-Pasifik termasuk para petani di Indonesia, dalam memenuhi target pengurangan emisi.

"Australia akan menyediakan 10 juta Dollar Australia guna membantu Indonesia mengurangi emisi karbon serta mengembangkan sektor pertanian dan kehutanan yang lebih efisien yang merupakan sumber terbesar dari emisi," kata Menteri Bishop.

Upaya dalam untuk mencegah kebakaran hutan dan gambut, Australia menjalin kerja sama dengan industri kehutanan dan pertanian Indonesia. Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya lebih luas dalam mengurangi dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim. Paket perawatan lahan tersebut akan memanfaatkan keahlian Australia dalam bidang pertanian. 

Bishop juga menjelaskan petani Australia merupakan pecinta lingkungan dan telah menerapkan praktik pertanian dan teknologi terbaru guna menghadapi perubahan iklim.

Tahun lalu Australia bekerja sama dengan Indonesia dalam mengatasi kebakaran hutan dan gambut dengan mengirim pesawat pengebom air ke Sumatra. 

Australia juga menyediakan peralatan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang menderita gangguan pernapasan dan penyakit lainnya akibat kabut asap di Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Selanjutnya dalam rangka mengembangkan empat program baru guna mendukung pengurangan emisi dan melaksanakan praktik pengelolaan lahan yang lebih baik, Australia akan bermitra dengan Pemerintah Indonesia, Badan Restorasi Gambut dan lembaga lainnya.

Australia juga akan terus menyediakan mitigasi perubahan iklim melalui berbagai program serta membantu para petani untuk menyesuaikan diri dengan perubahan iklim dan pengolahan lahan yang baru. (Andi Wahyunira)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini