medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Dijadikan Satwa Peliharaan, Populasi Orangutan Terancam

Published in Nasional
Sabtu, 14 Mei 2016 01:37
  • Email
Kehidupan orangutan di Kalimantan terancam habitatnya yang tergerus dan juga diburu untuk dijadikan satwa peliharaan. {Gambar: Mongabay.com/Rhett A. Butler} Kehidupan orangutan di Kalimantan terancam habitatnya yang tergerus dan juga diburu untuk dijadikan satwa peliharaan. {Gambar: Mongabay.com/Rhett A. Butler}

Medialingkungan.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimatan Barat melakukan usaha dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan Konservasi dan Sumber Daya Alam Hayati serta Ekosistemnya. Interaksi personal cara efektif dalam usaha penyadaran masyarakat.

“Tidak mudah memang, tapi kita tidak boleh berhenti. Polisi Kehutanan yang tadinya mereka takuti, kini jadi sahabat sehingga terjalin komunikasi yang baik,” ujar Sustyo Iriyono, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, seperti dilansir Mongabay.

Terbukti dengan upaya evakuasi satu individu orangutan jantan bernama, Ujang Lambai, usia enam bulan peliharaan warga dari Dusun Tanjung Lambai, Desa Menyumbung Kecamatan Hulu Sungai, Kabupaten Ketapang (30/04).  “Selanjutnya, orangutan tersebut akan dititipkan-rawatkan di Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang guna mendapatkan perawatan awal dan rehabilitasi,” ujar Sustyo.

Kekayaan alam Indonesia harus dijaga dan upaya pemanfaatan harus dibarengi dengan pelestarian yang sepadan. Upaya tersebut melalui perlindungan, penangkaran, dan perbaikan habitat. “Perdagangan ilegal tumbuhan dan satwa liar dan kepemilikan satwa liar yang dilindungi undang-undang untuk kesenangan harus dihentikan,” tegas Sustyo.

Orangutan termasuk satwa yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pada Pasal 21 ayat 2 dijabarkan, dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan atau memperjual belikan hewan yang dilindungi atau bagian lainnya dalam kondisi hidup atau mati.

“Orangutan memiliki fungsi ekologi sebagai penyebar biji tanaman buah di hutan. Kelestarian orangutan harus dijaga demi keberlangsungan hutan itu sendiri,” ujarnya. Ia menambahkan, memelihara orangutan berarti mempercepat proses perubahan iklim. {Ilham Nasir}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini