medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Hutan Indonesia Jadi Incaran Ekspansi Sektor Industri

Published in Nasional
Sabtu, 26 November 2016 11:05
  • Email
Ilustrasi (Gambar : Mongabay) Ilustrasi (Gambar : Mongabay)

Medialingkungan.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyatakan sektor industri Indonesia mengincar hutan yang masih alami untuk ekspansi usahanya. Menanggapi hal tersebut, sebanyak 110 aktivis lingkungan dari 74 negara di dunia menyoroti laju perluasan industri dalam hutan di Indonesia.

Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Nur Hidayati menyatakan bahwa ekspansi industri dalam hutan terjadi karena adanya izin industri seperti pertambangan, perkebunan sawit, dan hutan tanaman industi.

Penegakan hukum terhadap kejahatan korporasi dan mengkaji ulang perizinan perusahaan menjadi elemen penting pemerintah dalam melaksanakan komitmen penurunan emisi gas rumah kaca. Pemerintah sendiri sekarang memiliki program Peta Indikasi Areal Perhutanan Sosial (PIAPS) seluas 12,7 juta hektare yang diperuntukan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan hutan.

"Nah simposium kami kali ini dalam rangka menagih janji komitmen pemerintah bagaimana realisasinya di masyarakat," ujar Hidayati, jumat (25/11), dikutip dari Kompas.com

Menurutnya, skema pengelolaan hutan yang sepenuhnya dipercayakan pada masyarakat akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga melestarikan hutan.

Rencananya WALHI akan menyelenggarakan simposium internasional yang bertajuk pengakuan atas wilayah kelola rakyat di Bandar Lampung. Simposium ini merupakan bagian dari Biennial General Meeting Friends of the Earth International, organisasi lingkungan untuk mewujudkan tatanan dunia yang berkeadilan secara ekonomi, sosial dan ekologi. (Dedy M)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini