medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

KLHK Gagalkan Penyelundupan Kupu-kupu Langka Papua

Published in Nasional
Senin, 06 Maret 2017 11:23
  • Email
Kupu-kupu langka berjenis sayap burung goliath, Ornithoptera goliath {Gambar: Google.com} Kupu-kupu langka berjenis sayap burung goliath, Ornithoptera goliath {Gambar: Google.com}

Medialingkungan.com – Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Maluku berhasil menggagalkan Warga Negara Perancis, Didier Lionel yang ingin melakukan penyeludupan kupu-kupu langka berjenis sayap burung goliath Ornithoptera goliath menuju negara Perancis.

“Di Kampung Mokwam inilah pelaku mendapatkan satwa kupu-kupu dilindungi tersebut. Pelaku dua kali ke Papua pada tahun 2016 dia pernah datang ke Arfak untuk membuat dokumentasi foto terhadap kupu-kupu langka,” ujar Direktur Jenderal Penegakkan Hukum, Ridho Sani, seperti yang dilansir Detik.com, Sabtu (04/03).

Sedangkan, Penyidik KLHK, Adrianus Mosa mengungkapkan, ada lima ekor yang menjadi barang bukti, satu ekor telah mati sedangkan empat ekor masih dalam keadaan hidup. “Setelah melakukan proses pengumpulan bahan dan keterangan, kami langsung menetapkan pelaku sebagai tersangka," katanya merujuk pada warga Prancis berinisial DL.

Penyidik menjerat tersangka menggunakan Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf a dan b Undang Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ancaman hukumannya penjara lima tahun dan denda Rp100.000.000.

Karena dari data yang ditemukan warga negara asing tersebut pernah berkunjung ke daerah Pegunungan Arfak pada tahun 2016 lalu, Pelaku telah diduga merencanakan aksinya sebelumnya. {Angga Pratama} 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini