medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

KLHK Gandeng Perusahaan Swasta Lakukan Pengawasan Kebakaran Hutan

Published in Nasional
Rabu, 18 November 2015 13:38
  • Email
Ilustrasi (Gambar: klikkabar) Ilustrasi (Gambar: klikkabar)

Medialingkungan.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan langkah multisektor agar Indonesia tidak mengalami lagi kebakaran hutan dank abut asap. Langkah yang diambil adalah menghentikan segala bentuk perizinan pada lahan gambut sembari merancang tata kelola hutan dan melanjutkan proses penegakan hukum.

Menteri LHK, Siti Nurbaya menggandeng pelaku usaha kehutanan dan perkebunan agar utamakan pencegahan kebakaran melalui penyediaan sistem pengawasan.

“Swasta harus mengubah attitude. Jangan sampai begitu izin didapat, sesudah itu tanpa pengawasan,” tuturnya Siti Nurbaya, seperti yang dilansir industri.bisnis, Rabu (18/11).

Dia mengungkapkan, kabut asap yang terjadi dan kebakaran hutan sudah lama menjadi pengalaman yang berharga bagi pemerintah Indonesia.

Sementra itu, Aktivis Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau, Woro Supartinah mengatakan pemegang izin kehutanan dan perkebunan di Riau cenderung abai mengawasi lahan konsesi. Hal itu dibuktikan dengan anggaran, personil, dan perangkat pengawasan yang kurang untuk menjaga areal konsesi yang sangat luas.

“Kami beri apresiasi terhadap penegak hukumke korporasi pada pencabutan izin, hal tersebut perlu dilanjutkan serta mesti dijaga karena akan berdampak pada perbaikan tata kelola hutan,” ucapnya.

Sampai saat ini, KLHK telah menjatuhkan sanksi administratif terhadap 14 entitas – KLHK terakhir kali mengenakan sanksi kepada 10 perusahaan pada 19 Oktober 2015. Saat ini, sudah empat perusahaan yang telah dijatuhi sanksi berupa pembekuan dan pencabutan izin, katanya. {Angga Pratama}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini