medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Kualitas Lingkungan Hidup Perkotaan Nasional Naik 6 Persen

Published in Nasional
Kamis, 24 November 2016 17:25
  • Email
 Walikota Riza Falepi menerima Piala Adipura 2015 dari Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam acara Malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11) (Gambar: Wartapaykumbuh.com) Walikota Riza Falepi menerima Piala Adipura 2015 dari Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam acara Malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11) (Gambar: Wartapaykumbuh.com)

Medialingkungan.com - Penyerahan Adipura Kencana dan Adipura serta penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (23/11) malam.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional naik 6,63 persen selama empat tahun terakhir dari 63,31 menjadi 67,51 persen, seperti dilansir Antara.

Program Adipura adalah Program KLHK yang berlingkup nasional untuk mewujudkan kota yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan.

“Gambaran kondisi sekarang semakin memperkuat catatan kebutuhan akan kebersamaan dari pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk mengatasi kompleksitas persoalan lingkungan khususnya tentang Pengelolan Sampah yang merupakan amanat Undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah,” tegas Menteri LHK.

Dalam acara tersebut Pemerintah telah menganugerahkan penghargaan Adipura Kencana 2015 kepada tiga kota yaitu Surabaya, Balikpapan dan Kendari. Surabaya sebagai peraih Adipura Kencana kategori kota metropolitan, Balikpapan kota besar, dan Kendari kategori kota sedang.

Selain itu, Kementerian LHK juga menyerahkan penghargaan Adipura kepada 65 kota atau kabupaten antara lain kepada Tangerang, Bandung, Makassar, Denpasar, Banjarmasin, Lahat, Liwa, Nganjuk, Muara Enim, Biak, Pacitan, Kolaka dan Biak. Serta Plakat Adipura atas lokasi terbaik untuk taman kota, pasar, terminal, hutan kota dan tempat pemrosesan akhir (TPA).

Dalam acara ini juga, Kementerian mengumumkan kota atau ibukota kabupaten sebagai peraih nilai Adipura terendah yaitu Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat, Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung, Kota Sungguminasa Provinsi Sulawesi Selatan, serta Kota Kuala Tungkal Provinsi Jambi.

Dalam pelaksanaan program Adipura periode 2014-2015 tim memantau 357 kota dan ibukota kabupaten seluruh Indonesia. Salah satu kriteria penilaian yang menjadi fokus utama adalah TPA sampah yang minimal sudah menerapkan sistem controlled landfill atau lahan uruk terkontrol.

Setelah melalui pemantauan, penilaian, dan verifikasi lapangan serta pengkajian akhir Dewan Pertimbangan Adipura diputuskan tiga kota/kabupaten berhasil meraih Adipura Kencana, 65 kota meraih Adipura, 69 meraih sertifikat Adipura dan 17 kota meraih plakat Adipura.

Siti menambahkan ke depan suatu kota harus menciptakan ekosistem yang ideal, memberi ruang hidup yang baik bagi masyarakat, merangsang perdagangan dan investasi, berdaya saing berkelanjutan serta di dalamnya hadir pemimpin berjiwa kenegarawanan. (Gede Tragya)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini