medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

“Lagi”, Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Lahan Sawit

Published in Nasional
Rabu, 20 April 2016 18:35
  • Email
Gajah yang mati akibat keracunan di areal perkebunan sawit masyarakat di Aceh. (Gambar : Mongabay) Gajah yang mati akibat keracunan di areal perkebunan sawit masyarakat di Aceh. (Gambar : Mongabay)

Medialingkungan.com – Seekor gajah jantan sumatera ditemukan mati di areal perkebunan kelapa sawit di Desa Jambo Rehat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, pada minggu (17/04). Gajah tersebut diperkirakan baru berumur 4-5 tahun.

Kepala seksi Konservasi Wilayah I BKSDA, Dedi Irvansyah mengatakan, “Hampir semua wilayah perkebunan dan pemukiman di kawasan Aceh Timur merupakan jalur lintas gajah Sumatera, sehingga tidak bisa dipungkiri masih ada konflik antara penduduk dengan gajah-gajah liar tersebut,” seperti yang dikutip dari Metrotvnews.com.

Hingga saat ini pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti kematian gajah tersebut. Namun, Dedi mengatakan BKSDA masih terus melakukan autopsi bersama dari pihak kepolisian dengan mengambil sampel darah, kotoran dan pembedahan gajah untuk diteliti lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Budi Nasuha mengatakan, “Hasil pemeriksaan sementara, gajah jantan ini diperkirakan mati dua hari yang lalu.”

“Sekitar satu minggu kedepan baru bisa diketahui secara pasti apa penyebab kematian satwa yang dilindungi itu,” ungkapnya.

AKP Budi menambahkan, “Setelah proses pembedahan berakhir, kemudian diambil gading yang panjangnya sekitar 3 cm dan dibawa ke kantor BKSDA Aceh.” {Iswanto}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini