medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Milyaran Ekspor Ikan Illegal Berhasil Digagalkan

Published in Nasional
Selasa, 17 Mei 2016 19:57
  • Email
Kepala BKIPM Rina dan Kepala Bea Cukai Tanjung Priok R. Fadjar Dony memperlihatkan fish maw yang akan diselundupkan. {Gambar: poskotanews.com} Kepala BKIPM Rina dan Kepala Bea Cukai Tanjung Priok R. Fadjar Dony memperlihatkan fish maw yang akan diselundupkan. {Gambar: poskotanews.com}

Medialingkungan.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Direktorat Bea Cukai Tanjung Priok Kementerian Keuangan, sejak Agustus 2015 hingga April 2016 pihak Bea Cukai di Tanjung Priok, Jakarta Utara berhasil mengagalkan Rp. 55,7 millar ekspor hasil perikanan illegal.

Terdapat penyelundupan 10 kontainer bermacam produk perikanan yang berhasil disita di Jakarta Internasional Containe Terminal,KOJA, Mustika Alam Lestari, dan Terminal 3 Tanjung Priok.

Seperti yang dilansir Tempo.com Selasa (17/5), Harry Mulya mengungkapkan, "Ada indikasi juga terdapat ekspor yang diberitahukan secara tidak benar dan didaftarkan sebagai barang lain," eksportir tersebut dinilai ilegal karena itu tidak memiliki sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) dan sertifikat kesehatan atas produk ekspornya.

Beberapa perusahaan eksportir yang diselidiki adalah PT R, PT YBS, PT SEJ, CV S, PT API, PT DAI, PT GFS, dan PT IP. Hasil perikanan illegal akan dikirim ke Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat, Cina, Thailand, Singapura, dan Jepang.

Salah satu jenis ikan yang diselundupkan adalah jenis fish maw. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Rina mengungkapkan bahwa fish maw merupakan jenis ikan yang berharga tinggi. Mengacu harga di Singapura, fish maw bernilai Rp. 1,1 juta per 10 gram.

Rina juga menambahkan bahwa fish maw menjadi komoditas primadona yang menarik dan sangat dibutuhkan karena memiliki khasiat yang dipercaya mengobati penyakit jantung dan menjaga vitalitas pria lanjut usia.

Beberapa hasil perikanan selain fish maw, juga shark fin, cat fish, frozen fillet eel, salted jellyfish, orion jeprox FISH, shrimp powder, cassava chip,  dan drill mixed fish yang dieksport tercantum dalam pencegahan bea-cukai. {Triayu Wulandari}

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini