medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

NTB Jalin Kerjasama Dengan Korea Selatan Untuk Kelola Hutan

Published in Nasional
Selasa, 29 November 2016 15:01
  • Email
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH.M.Zainul Majdi menerima kunjungan President National Institute Of Forest Science (Nifos) Republik Korea, Mr. Dr. Nam Sung Hyun beserta rombongan di ruang kerjanya. Senin (28/11). (Gambar: Seputar NTB) Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH.M.Zainul Majdi menerima kunjungan President National Institute Of Forest Science (Nifos) Republik Korea, Mr. Dr. Nam Sung Hyun beserta rombongan di ruang kerjanya. Senin (28/11). (Gambar: Seputar NTB)

Medialingkungan.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi mengapresiasi kerjasama antara pemerintah provinsi NTB dengan National Institute Of Forest Science (NIFOS) Korea Selatan dalam bidang kehutanan lewat kesatuan pengelolaan hutan (KPH) Rinjani Barat. Kerja sama antara pemerintah NTB dengan NIFOS tersebut telah berjalan selama lima tahun.

TGH M Zainun Majdi mengatakan bentuk kerja sama ini akan sangat membantu pembangunan Kehutanan NTB, karena memang arah dari pembangunan kehutanan NTB ke depannya berbasis pada penguatan kelembagaan.

"Tentu kami butuh asistensi dari pihak yang berpengalaman seperti NIFOS agar kekayaan hutan kami bisa termanfaatkan sekaligus terpelihara, serta membawa dampak maksimal bagi masyarakat," kata Gubernur NTB, Senin (28/11), dikutip dari Republika.

Ia menambahkan, lahan kritis di NTB saat ini sangat luas, hampir mencakup 500 ribu hektare (ha), terdiri dari hutan dan tanah di luar hutan yang kering, termasuk daerah yang curah hujannya sangat sedikit. Menurut dia, upaya pelestarian agar hutan tidak gundul atau rusak dan bagaimana agar lahan kritis itu dapat termanfaatkan dengan baik merupakan tugas semua pihak. Dia mengaku butuh kerja sama dengan berbagai pihak untuk manangani ini. 

"Kalau Korea punya best practice untuk menangani lahan kritis kami akan sangat terbuka untuk bekerja sama," lanjutnya.

President NIFOS, Nam Sung, mengaku bangga bisa bekerja sama dengan salah satu KPHL terbaik di Indonesia ini.

“Penelitian ini berbentuk kemitraan yang dilakukan dengan cara survei kepada masyarakat setempat”, ungkapnya. (Dedy M)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini