medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Pemprov Maluku Gagas Gerakan Cinta Laut

Published in Nasional
Sabtu, 03 Oktober 2015 14:33
  • Email
Laut Maluku Utara yang menakjubkan (Gambar: panduanwisata) Laut Maluku Utara yang menakjubkan (Gambar: panduanwisata)

Medialingkungan.com – Indahnya laut biru di Maluku serta potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang sangat tinggi membuat Pemerintah Provinsi Maluku Utara rencanakan Gerakan Cinta Laut dalam upaya mitigasi bencana dan siap beradaptasi pada perunbahan iklim.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Utara, Buyung Rajilun mengungkapkan Gerakan Cinta Laut merupakan langkah pemerintah mengkampanyekan pentingnya mengelola dan memanfaatkan sumber daya laut.

Gerakan cinta laut ini untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kelestarian ekosistem laut, tambahnya.  

“Kami juga berharap, dengan Gerakan Cinta Laut, muncul kesadaran menjaga laut. Apalagi, di Maluku Utara, hampir semua wilayahnya merupakan laut,” ujar Buyung, Sabtu (03/10), sperti yang dilansir Tempo.

Menurutnya, berdasarkan data statistik, Maluku merupakan provinsi yang memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan sangat tinggi. Setidaknya tercatat potensi perikanan tangkap di Maluku utara lebih dari 100 ribu ton per tahun. Itu belum termasuk potensi perikanan lainnya, seperti rumput laut, mutiara, dan wisata laut dll.

“Oleh sebab itu, sudah semestinya kita menjaga dan memanfaatkannya dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Forum Studi Halmahera, Aisyah Bafaqi menyatakan gerakan kampanye pelestarian ekosistem laut memang harus dilakukan. Gerakan Cinta Laut yang digagas oleh Pemerintah Provinsi bisa menjadi terobosan yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga laut.

“Yang perlu ditekankan dalam Gerakan Cinta Laut itu mesti berlanjut dengan jangka panjang, jangan sampai hanya bersifat sementara saja,” ujarnya. (Angga Pratama)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini