medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Program Kemitraan Masyarakat (PKM): Upaya Menggairahkan Pengusahaan Madu Lokal Unggulan Masyarakat Desa Pattanyamang

Published in Nasional
Senin, 22 Juli 2019 23:53
  • Email
Ir. Nurdin Dalya, S.Hut., M.Hut, IPP saat memberikan materi terkait pengembangan pengusahaan madu hutan di Desa Pattanyamang {Gambar: Istimewa} Ir. Nurdin Dalya, S.Hut., M.Hut, IPP saat memberikan materi terkait pengembangan pengusahaan madu hutan di Desa Pattanyamang {Gambar: Istimewa}

Medialingkungan.com - Universitas Muslim Maros (UMMA) kembali berperan dalam pengembangan produk lokal unggulan Kabupaten Maros. Tercatat Dosen Fapertahut UMMA Ir. Nurdin Dalya, S.Hut., M.Hut., IPP sebagai ketua tim telah melakukan pengabdian masyarakat kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Bontotangnga, Dusun Bontotangnga, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Rabu (17/7/19) sampai dengan Jumat (19/7/19).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok serta memberikan nilai tambah produk pada Kelompok Tani. Kegiatan ini diikuti oleh 25  orang masyarakat sekitar lokasi kegiatan yang juga merupakan anggota dari KTH Bontotangnga. Kegiatan ini selain dihadiri oleh tim dosen dan sejumlah mahasiswa, juga dihadiri oleh sejumlah penyuluh lingkungan hidup dari pertanian dan kehutanan Kabupaten Maros.

Dalam prosesnya kegiatan pengabdian meliputi pembukaan, pemberian materi, demonstrasi dan praktek serta penutupan dengan penyerahan alat pengemasan dari Dosen (Ketua Tim PKM) kepada Kelompok Tani. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh ketua Kelompok Tani Hutan Bontotangnga, dilanjutkan dengan pemberian materi dan Focus Gruop Discussion (FGD) oleh Ir. Nurdin Dalya, S.Hut., M.Hut., IPP yang membahas tentang berbagai macam metode pemanenan lebah madu karst serta membahas tentang berbagai macam cara serta metode pengemasan. Demonstrasi dan praktek yang dilakukan oleh peserta meliputi pemanenan madu karst ramah lingkungan serta cara pengemasan produk madu yang higienis.

“KTH Bontotangnga selama ini memiliki banyak potensi madu karst namun belum menghasilakan pendapatan yang maksimal. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa mengoptimalkan pendapatan mereka. Produk Madu Kelompok Tani Hutan Bontotangnga harus dapat bersaing di pasaran dengan nilai jual yang tinggi,” ujar Ir. Nurdin Dalya, S.Hut., M.Hut., IPP.

Selama kegiatan berlangsung, masyarakat kelompok tani hutan menunjukkan antusiasnya dengan sangat aktif saat sesi materi dan praktek. 

Gambar 1.

Foto Bersama peserta dan pelaksana kegiatan pelatihan (Gambar: Istimewa)

Gambar 2.

Peserta melakukan praktek pengelolaan madu (Gambar: Istimewa)

 

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini