medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

SCF, Kemitraan, dan Bupati Bulukumba Tandatangani MoU Pengelolaan SDA Berkelanjutan

Published in Nasional
Sabtu, 01 Oktober 2016 16:31
  • Email
Bupati Bulukumba dan Naufal (SCF) mendatangani MoU Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan di Ruang Rapat Bupati Bulukumba (Gambar: Suterayani) Bupati Bulukumba dan Naufal (SCF) mendatangani MoU Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan di Ruang Rapat Bupati Bulukumba (Gambar: Suterayani)

Medialingkungan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba telah menandatangani MoU (Nota Kesapahaman) Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan bersama dengan Sulawesi Community Foundation (SCF) dan Lembaga Kemitraan (Partnership) pada 28/09 di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Bulukumba. MoU ini ditandatangani oleh Andi Sukri Sappewali selaku Bupati Bulukumba, Naufal yang mengatasnamakan Direktur SCF, dan Dewi Rezki, selaku Direktur Program Kemitraan.

Maksud dari penandatanganan MoU ini yaitu untuk mengidentifikasi isu-isu strategis dan program strategis khususnya pada bentang alam Daerah Aliran Sungai (DAS) Bijawang yang dibangun dan disepakati bersama para pihak, dan dijadikan bahan penyusunan Road Map Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan. Adanya Road Map yang dibangun secara kolaboratif ini kemudian mampu menjadi peta jalan bagi para pihak untuk melakukan intervensi bersama.

Poin penting dalam penandatanganan MoU ini yakni semua pihak akan mendorong  program terkait pengembangan pariwisata terintegrasi yang inklusif di Kecamatan Kindang, pengembangan produk pertanian dan perkebunan poganik serta diversifikasi pangan berbasis komunitas di Kecamatan Gantang, dan penguatan kebijakan dalam peningkatan daya saing ekonomi pedesaan atau komunitas.

“MoU ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengelolaan sumberdaya alam yang menjadi sangat penting dalam pembangunan ekonomi pada masa kini dan masa yang akan datang,” ujar Naufal dari Sulawesi Community Foundation.

Kegiatan yang dihadiri oleh setidaknya 50 orang ini, juga turut menghadirkan Wakil Bupati Bulukumba dan berbagai perwakilan instansi seperti BAPPEDA, BLHD, SATPOL PP, Dinas Kehutanan, DInas Koperasi dan UMKM Bulukumba, dan lain-lain. Kegiatan penandatanganan MoU ini juga dihadiri oleh beberapa Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Bulukumba. (Muchlas Dharmawan)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini