medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Siti Nurbaya Teken MoU dengan Universitas UI dalam Penelitian di Bidang Lingkungan dan Kehutanan

Published in Nasional
Sabtu, 28 Maret 2015 15:50
  • Email
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat melakukan penanaman di Kampus Universitas Indonesia bersama siswa dan mahasiswa (Gambar: MetroTv) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat melakukan penanaman di Kampus Universitas Indonesia bersama siswa dan mahasiswa (Gambar: MetroTv)

Medialingkungan.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis, menandatangani nota kesepahaman kerja sama (MoU) penelitian mengenai lingkungan hidup dan kehutanan pada acara penanaman pohon untuk memperingati Hari Hutan Internasional di Depok, pada Sabtu (28/03).

MoU ini mencakup kerja sama dalam pendidikan lingkungan untuk menciptakan ekosistem yang baik pada masa mendatang. "Untuk melakukan penelitian, hutan dijadikan laboratorium," ujar dia.

Anis mengatakan, dalam Tri Dharma perguruan tinggi disebutkan bahwa universitas wajib menyelenggarakan kegiatan penelitian. Salah satu bentuk penerapannya diaplikasikan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Ia juga menambahkan, hutan Universitas Indonesia berkontribusi dalam penyerapan air hujan untuk universitas dan wilayah sekitar kampus. "Kita danaunya ada enam. Kalau musim hujan airnya ditampung dan diserap akar-akar pohon, musim kemarau bisa diambil," kata dia seperti dilansir Antara.

Dalam penandatangan kesepakatan itu, Siti Nurbaya bersama ratusan siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa juga melakukan penanaman 1.000 pohon di Boulevard Universitas Indonesia dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional.

Jenis-jenis yang ditanam di hutan Universitas Indonesia merupakan pohon asli Indonesia seperti meranti-merantian dan jenis buah langka, seperti kemang, kepel, kupa gowok, dan bisbul. (Fahrum Ahmad)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini