medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Sri Sultan HB X: Perawatan dan Peremajaan Pohon Sangat Penting Untuk Antisipasi Bencana

Published in Nasional
Rabu, 23 November 2016 15:27
  • Email
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X (Gambar: Okezone) Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X (Gambar: Okezone)

Medialingkungan.com – Di Yogyakarta dan Bantul, Senin (21/11) petang kemarin, terjadi hujan lebat dan angin kencang. BPBD DIY mencatat ada 46 kejadian pohon tumbang, reklame roboh dan kerusakan fasilitas pribadi atau umum di Yogyakarta dan Bantul.

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengingatkan pentingnya perawatan dan peremajaan pohon berusia tua untuk mengantisipasi pohon tumbang saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Sultan berharap instansi terkait dapat melakukan peremajaan pohon dengan melakukan penebangan pohon apabila diketahui telah berusia tua dan keropos serta mengganti dengan tanaman yang baru.

Masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan karena setiap memasuki masa peralihan musim dari hujan ke musim panas memang kerap muncul angin puting beliung karena DIY dikelilingi Gunung Merapi Gunung Sewu, serta Pegunungan Menoreh.

Sementara itu, mengenai kesiapan bantuan dana tanggap bencana alam, Sultan mengatakan, telah tersedia di masing-masing pemerintah Kabupaten/Kota.

"Anggaran untuk bencana ada semua. Kalau mereka (Kabupaten/Kota) tidak mampu, baru kami bantu," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, dikutip dari Antara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno menyatakan pihaknya akan memantau secara "real time" terhadap lokasi-lokasi yang terkena bencana untuk mengetahui perkembangan atau kondisi di lapangan sedini mungkin sebagai bagian dari mitigasi. (Andi Wahyunira)

 

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini