Gunung Sinabung Kembali Meledak, Warga Diimbau Untuk Tidak Panik

 Gunung Sinabung Kembali Meledak, Warga Diimbau Untuk Tidak Panik

Kondisi gunung sinabung pasca letusan pukul 19.29 WIB tadi (gambar:wisnu_tempo)


Medialingkungnan.com – Setelah dinaikkan statusnya menjadi Siaga level III, Gunung Sinabung akhirnya meletus lagi pada Minggu (29/06), pukul 19.29 WIB. Terpantau, setinggi 4.000 meter kepulan yang dihasilkan, dan meluncurkan awan panas sekitar 4.500 meter ke arah tenggara. 

Menurut laporan tim pemantau yang berada di sekitar lokasi, saat ini warga masih dalam kondisi yang aman dan masih dilakukan upaya sosialisasi guna menenangkan warga agar tidak panik.

“Peningkatan aktivitas ini telah disosialisasikan kepada warga dan sampai saat ini masih dalam keadaan aman karena awan panas mengarah ke desa Berastepu yang masih dikosongkan,” kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya, Minggu 29 Juni 2014. 

Kondisi terkahir berdasarkan laopran yang diterima menunjukkan hujan abu yang terus mengarah ke Desa Sigarang-Garang dan Desa Sukanalu. Hingga saat ini jumlah pengungsi 14.382 jiwa (4.475 KK) terdiri dari 13.170 jiwa, (4.105 KK) di 28 titik penampungan dan 1.212 jiwa (370 KK) di hunian sementara/rumah sewa. 

Sementara itu, Pandangan ke pusat letusan masih sulit terjangkau dengan kasat mata dikarenakan minimnya pencahayaan yang menyorot ke arah gunung, ditambah lagi karena cuaca yang saat ini sedang hujan.

Pengamatan hanya didasarkan pada instrumentasi Pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG. Arah angin ke timur. Amplitudo maksimum 105 mm dan durasi 67 menit. (MFA)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *