Pemerintah Kota San Fransisco Larang Penjualan Air Kemasan

 Pemerintah Kota San Fransisco Larang Penjualan Air Kemasan

kota San Fransisco (gambar:istimewa)


Medialingkungan.com – San Fransisco merupakan kota terpadat keempat di California dan ke-13 di Amerika Serikat. Dari data medialingkungan.com San Fransisco juga menjadi negara dengan tingkat kunjungan wisatawan tertinggi di Amerika. Tingginya kepadatan ini tentu berdampak bagi kelestarian lingkungan di kota tersebut.

Sadar akan hal tersebut pemerintah Kota San Fransisco menunjukkan kepedulian yang besar dalam pelestarian lingkungan. Salah satu langkah yang diambil pemerintah adalah melarang penjualan dan penyebaran air minum kemasan berupa botol plastik.

Hal ini telah mendapat persetujuan dari Dewan Pengawasan Kota dalam sebuah pemungutan suara. Regulasi tersebut akan mulai diterapkan pada bulan Oktober mendatang. Target botol yang akan dilarang peredarannya adalah botol dengan berat 21 ons keatas.

Selain dampak lingkungan, karena membutuhkan sekitar seribu tahun untuk mendaur ulang botol plastik. Banyak hal positif yang diperoleh atas pemberlakuan aturan ini. Beberapa diantaranya adalah menghemat pengeluaran dan lebih menyehatkan, mengingat air kemasan lebih berbahaya dari air keran. Selain itu penghematan energy untuk distribusi dan produksi terjadi secara otomatis. Kemasan botol plastik membutuhkan energy 2000 kali lebih besar dari air keran dalam pengelolahannya. (BUL)

 


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *