AMAN Menagih Janji Jokowi

 AMAN Menagih Janji Jokowi

AMAN saat mengunjungi kantor KPK (Gambar: mongabay)


Medialingkungan.com – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Kamis (25/06). Pertemuan yang dilakukan AMAN terhadap Jokowi, mereka ingin menagih janji kampanye Jokowi yang tertuang dalam Nawacita.

“Kami pernah membantu Pak Jokowi dalam mensukseskan beliau menjadi Presiden, dan sekarang kami mau tindak lanjut apa yang telah disepakati di Nawacita,” ungkap Sekretaris Jendral (Sekjen) AMAN, Abdon Nababan.

Mantan Direktur Forest Watch Indonesia ini mengungkapkan, di dalam kandungan Nawacita tertera enam hal yang ditujukan untuk masyarakat adat, mulai dari aspek kelembagaan hingga persoalan agraria.

Terkait masyarakat adat, Jokowi bersama Jusuf Kalla mencantumkan komitmen mereka dalam melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat dalam enam prioritas utama visi dan misi. Salah satunya adalah soal pembentukan komisi independen masyarakat adat, katanya.

Pria kelahiran Sumatera Utara itu mengatakan, komisi itu diberi mandat khusus oleh presiden untuk bekerja secara intens mempersiapkan berbagai kebijakan dan kelembagaan yang akan mengurus hal-hal terkait dengan urusan pengakuan, penghormatan, perlindungan, dan pemajuan hak masyarakat ada ke depan.

“Presiden Jokowi juga berjanji akan meninjau ulang dan menyesuaikan undang-undang terkait hak masyarakat adat dengan melanjutkan proses legislasi RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat,” ucapnya.

Dia menambahkan, RUU ini diharapkan menjadi jawaban atas kasus perampasan secara sepihak terhadap hak masyarakat adat dan konflik sosial yang dialami masyarakat adat. (Angga Pratama)


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *