BMKG Prediksi Cuaca Buruk dan Ekstrim untuk Sumatera dan Jawa

 BMKG Prediksi Cuaca Buruk dan Ekstrim untuk Sumatera dan Jawa

Ilustrasi Hujan disertai angin kencang (gambar : Medialingkungan)


Medialingkungan.com – BMKG meramalkan kondisi cuaca buruk dan ektrim bagi wilayah Kepulauan Sumatera dan Jawa. Potensi ini menimbulkan bencana alam yang besar seperti angin ribut/puting beliung dan banjir besar khususnya untuk wilayah Jakarta. 

Deputi Klimatologi BMKG, Widada Sulistya mengimbau warga yang bermukim di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa agar berhati-hati menghadapi kondisi cuaca saat ini. Widada menjelaskan, musim kemarau saat ini berbeda dengan tahun-tahun lalu.

“Kalau tahun lalu musim kemarau sangat panas. Kini ada hujan deras,”  jelasnya pada rilis JPPN.

Ia menambahkan, hujan deras yang terjadi diprediksi tidak turun setiap hari dan kemungkinan hanya beberapa hari sekali dengan intensitas yang tidak lama. Namun, meskipun tidak berlangsung lama hujan itu juga disertai dengan angin kencang berkecepatan 30-40 knot. Tak jarang menimbulkan angin puting beliung.

“Sehingga berpotensi banjir dan mengakibatkan pohon tumbang,” Imbaunya.
    
Menurut Widada, air laut cepat menguap dan membentuk awan-awan cumulonimbus atau awan membawa air hujan. Penyebabnya, suhu di permukaan air laut meningkat dibandingkan tahun lalu. Yakni 27 derajat celcius. Sedangkan normalnya 26 derajat celcius.    

Sedangkan untuk angin kencang diprediksi akan terjadi terjadi 4-5 kali badai di bulan ini. Angin kencang ini dapat terjadi akibat adanya badai tropis Halong di sekitar Filipina yang hembusannya bisa sampai ke China dan Jepang. (MFA)  

 


Redaksi Medialingkungan.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *